Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Lahan Parkiran Blok G, Basuki: Kita Bubarkan Saja PD Dharma Jaya

Kompas.com - 18/07/2013, 11:44 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana membubarkan PD Dharma Jaya. PD Dharma Jaya ini merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI yang bergerak di bidang pengolahan daging segar.

"Kita mau bubarin saja PD Dharma Jaya itu. Kenapa potong hewan harus di Jakarta?" kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (18/7/2013).

Menurut Basuki, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menginginkan tak ada lagi Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Jakarta. Untuk menjaga stok daging, Basuki mengklaim stok daging Jakarta akan selalu aman dengan menjalin kerja sama dengan RPH yang berada di Bekasi, Lampung, Bogor, atau Tangerang.

Pria yang akrab disapa Ahok itu juga menilai kinerja PD Dharma Jaya belum bisa mengontrol stok dan harga daging sapi. Di samping itu, PD Dharma Jaya yang memiliki RPH di kawasan Cakung, Jakarta Timur, itu dinilai belum mampu mengelola limbah RPH yang dapat membahayakan kesehatan warga dan lingkungan sekitar.

"Pak Gubernur kan pengalaman sekali mengatasi inflasi sembako di Solo, sampai dapat penghargaan seluruh Indonesia nomor satu. Jadi, memang kontrolnya gampang sekali, asal kita dapat mengontrol pasar-pasar kita," katanya.

Sejak tahun lalu, Pemprov DKI sudah ingin melikuidasi PD Dharma Jaya. Hal ini disebabkan kondisi keuangan perusahaan tersebut sudah tidak mampu menutupi biaya operasional.

Berdasarkan data Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) DKI Jakarta, sejak 2011, PD Dharma Jaya sudah tidak menyetorkan dividen ke kas daerah. Kondisi keuangan ini semakin memburuk karena PD Dharma Jaya masih harus melunasi kewajiban perusahaan ke beberapa bank yang mencapai Rp 2 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com