Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Pedagang Bisa Masuk Pasar Blok G Rabu Depan

Kompas.com - 14/08/2013, 17:17 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berharap pedagang kaki lima dapat berjualan di Pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai Rabu (21/8/2013) pekan depan.

Jokowi mengatakan, meski secara umum tempat usaha di sana sudah dapat ditempati, perbaikan pasar belum rampung. Gerbang pasar masih perlu dicat, pembangunan taman dan perbaikan lain juga masih dikerjakan.

"Senin kan sudah mulai pengundian (kios). Kita harapkan Rabu sudah bisa masuklah," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, Rabu (14/8/2013).

Mengenai pembangunan gerbang utama dan tangga sebagai akses langsung dari jalan ke lantai dua Pasar Blok G, diperkirakan hal tersebut akan memakan waktu satu bulan atau paling cepat dua pekan. Jokowi yakin tidak ada lagi pedagang yang berjualan di jalan-jalan di sekitar Pasar Tanah Abang. Hal itu disebabkan ada penjagaan dari petugas gabungan Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan polisi. Lagi pula, kata Jokowi, jumlah tempat usaha di Blok G masih cukup untuk menampung PKL.

"Hitungan kita 1.100, terpakai misalnya 1.000. Masih ada 100 to? Hitungan kemarin 700 sekian. Saya itu baca lapangan, kita kuasain," ujar Jokowi.

Hari ini memasuki hari ketiga verifikasi pedagang yang berhak mendapatkan kios di Pasar Blok G. Proses tersebut akan berlangsung hingga Jumat (16/8/2013). Pengundian kios akan berlangsung pada Senin (19/8/2013) pekan depan.

Jokowi akan mengevaluasi penataan PKL di Tanah Abang itu sebagai contoh untuk menata pasar lain, seperti Pasar Jatinegara dan Pasar Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com