Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Buruh Tangerang Gelar Demo

Kompas.com - 27/10/2013, 20:45 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis


TANGERANG, KOMPAS.com - Buruh yang tergabung dalam Konsolidasi Nasional Gerak Buruh (KNGB) Tangerang akan turun jalan, Senin (28/10/2013) pagi.

Massa yang berasal dari gabungan serikat, forum, federasi buruh/pekerja akan melakukan aksi damai dengan cara membagi selebaran dari pabrik ke pabrik. "Aksi ini bersifat prakondisi untuk mengajak secara bersama untuk aksi mogok nasional tanggal 31 Oktober," kata Koordinator KNGB Koswara kepada Kompas di Cikupa, Kabupaten Tangerang, Minggu (27/10/2013).

Menurut Koswara, buruh akan melakukan konvoi sepeda motor dengan mobil komando akan berlangsung di Bunderan Citra Raya, Jabarud, Kawasan Industri Manis Bunderan, Pasar Kemis, Cikupa Mas, Balaraja, dan Citra Raya.

Dalam tuntutannya, buruh mendesak pemerintah mencabut Inpres No 9/2013 mengenai pemerataan UMK, menolak sistem kerja alih daya dan upah murah, serta meminta kenaikan UMK 2014 sebesar 50 persen dari tahun ini, atau sebesar Rp 3,7 juta per bulan.

Setelah aksi tersebut, Koswara melanjutkan, Selasa (29/10), perwakilan buruh dari KNGB akan bergabung dengan buruh dari DKI Jakarta menggelar aksi di DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com