Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Kampung Pulo Miris Lihat "Kolam" di Rusun Komarudin

Kompas.com - 12/02/2014, 13:08 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menengok Rumah Susun Komarudin di Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (12/2/2014), warga Kampung Pulo memiliki kesan berbeda tentang keadaan rusun tersebut. Warga melihat beberapa bagian rusun mesti perlu dibenahi karena kondisinya tidak terawat.

Ali Anton, warga RT 13 RW 03, mengatakan, ada air yang menggenangi halaman tengah rusun tersebut. Ia berharap Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mempercantik rusun itu sebelum digunakan oleh warga pindahan.

"Halaman masih ada air-air, mungkin Bapak Jokowi nanti akan merapikannya," kata Ali kepada Kompas.com, Rabu (12/2/2014).

Setelah melihat tiap unit rusun di Blok D, Ali menilai kondisinya berbeda dari rumahnya di Kampung Pulo. Menurut Ali, luas ruang di rusun itu lebih kecil dibanding tempat tinggalnya di Kampung Pulo.

Ali mengatakan, jika bukan karena masalah banjir, ia lebih memilih tinggal di Kampung Pulo. Pria yang sejak lahir menetap di Kampung Pulo itu merasa sudah betah karena setiap tetangganya sudah saling kenal dan seperti keluarga sendiri. Ali berharap, pemerintah mau memindahkan warga Kampung Pulo di rusun yang sama agar tidak terpisah.

"Sebenarnya merasa berat, tapi apa daya. Mudah-mudahan kalau orang Kampung Pulo di pindah ke sini, (hubungan kekeluargaan) bisa kayak di Kampung Pulo lagi," ujar Ali.

Nendi, Ketua RT 13 RW 03 mengatakan, warganya merasa antusias dengan kunjungan ini. Persoalan setuju atau tidak, Nendi menyerahkannya kepada warga. "Warga sebenarnya antusias menempati rumah susun ini dengan penuh harapan. Karena, kasihan juga hampir sebulan penuh banjir ini kayak gelandangan diemperan toko dan mereka juga sudah lelah," ujar Nendi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com