Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjaring Razia, PMKS Bakal Berlebaran di Panti Sosial

Kompas.com - 18/06/2014, 17:37 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemprov DKI Jakarta memastikan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang terjaring pada razia Operasi Simpatik akan merayakan Lebaran di panti sosial.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan mengatakan, Operasi Simpatik itu digelar menjelang dan selama bulan Ramadhan 2014.

"Sanksi ini kita berikan agar mereka jera dan tidak lagi datang ke Jakarta pas bulan puasa. Mereka tidak boleh pulang kampung," kata Masrokhan di Jakarta, Rabu (18/6/2014).

PMKS yang terjaring razia akan dipulangkan pada H+12 Lebaran. Sebelum dipulangkan, mereka terlebih dahulu akan dibina di panti sosial Dinas Sosial DKI sehingga ketika sampai di kampung halamannya, PMKS ini sudah memiliki pemahaman baru, yakni sulit mencari rezeki di Jakarta.

Selain itu, mereka juga dibekali keterampilan untuk membuka usaha di daerah asal. "Ini harus dilakukan, karena jumlah PMKS yang datang ke Jakarta selalu meningkat sampai 25 persen dari total PMKS pada hari biasa. Kalau hari biasa saja, jumlah PMKS mencapai 4.045 orang," kata mantan Kepala Biro Umum DKI itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com