Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Para Sopir Taksi terhadap Keberadaan Taksi Mewah Uber

Kompas.com - 19/08/2014, 14:47 WIB
Desy Hartini

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan taksi mewah Uber menuai kontroversi. Apalagi jasa pemesanan taksi via online itu tidak memiliki izin. 

Sopir taksi Blue Bird, Andy (35), salah satu yang menanggapinya.

"Sebenarnya tidak apa-apa asal ada izinnya gitu. Yah tapi kalau misalnya tidak ada izin kayak gini justru malah menyalahi aturan yang ada. Mending segera urus izinnya saja biar bisa beroperasi," ujar Andy ketika ditemui di depan Plaza Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (19/8/2014).

Sama halnya dengan Muhdin (39) yang mengungkapkan jika ia tidak masalah dengan keberadaan taksi mewah Uber tersebut. "Asal ada izinnya saja sih, saya gak keberatan. Gak masalah kalau nambah pesaing," katanya.

Salah seorang sopir taksi Express yang enggan disebutkan namanya ini mengaku jika taksi mewah Uber harus segera berhenti beroperasi. "Kan kasihan sama sopir-sopir taksi kayak kami yang sudah punya izin yang jelas," ujarnya.

Layanan sewa mobil Uber ini menyediakan jasa angkutan mirip taksi untuk para pengguna aplikasinya di perangkat mobile. Pengguna bisa memesan mobil melalui aplikasi mobile Uber.

Tarif berlaku layaknya taksi dengan biaya minimum dan hitungan berdasarkan waktu dan jarak. Posisi dan ketersediaan mobil sewaan yang tersedia pun dapat dipantau melalui ponsel.

Layanan Uber saat ini baru terkonsentrasi di sekitar area SCBD Sudirman dan Kuningan. Mobil-mobil yang disediakan memang tergolong mewah, seperti Toyota Camry, Alphard, hingga Mercedes Benz S-Class.

Baca juga: Ahok: Ide Uber Bagus, tetapi Mereka Harus Tahu Aturan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com