Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dagangannya Menutup Saluran Air, Apa Penjelasan PKL Tanah Abang

Kompas.com - 01/09/2014, 13:48 WIB
Desy Hartini

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jatibaru X, Tanah Abang, Jakarta Pusat yang berjualan dengan menutup saluran air rupanya banyak berasal dari luar kota. Pedagang pakaian asal Palembang, Neni mengaku jika tempat ia berjualan memang sudah menutup saluran air dari awal.

"Saya jualan baru sekitar satu bulan lah karena nerusin punya saudara. Dari saya ke sini sih memang sudah begini neng," kata Neni kepada Kompas.com, Senin (1/9/2014). [Baca: Belum Ada Penertiban, PKL Masih Berdagang di Jalan Jatibaru X].

Berbeda dengan pedagang asal Padang, Iman yang mengaku hanya ikut-ikutan menutup saluran air tersebut. "Dulu saya jualan depan Blok F situ, ngemper di jalan pakai tikar. Lalu pindah ke sini dan ikut-ikutan saja bikin papan di atas saluran buat naro baju buat jualan," kata Iman.

Pedagang asal Padang lainnya, Nia mengatakan jika kawasan Jatibaru memang banyak dihuni oleh pedagang dari luar kota. "Di sini (Jalan Jatibaru X) mah banyakan dari luar kota. Apalagi Padang. Mungkin mereka gak tahu kali kalau tidak boleh jualan dengan nutupin saluran," ujar Nia.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di sepanjangan jalan Jatibaru X, saluran air memang mampat dan tak mengalir. Hanya saluran air di depan kios 53 yang tak tersumbat. Sisanya, lantaran saluran ditutup, air benar- benar tidak mengalir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com