Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspektorat dan BKD Kompak Tak Mau Terlibat dalam Persoalan Kepala SMAN 3

Kompas.com - 21/04/2015, 19:17 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Daerah dan Inspektorat Provinsi DKI Jakarta kompak tak mau melibatkan diri dalam persoalan dugaan pelanggaran yang dilakukan Kepala SMA Negeri 3 Retno Listyarti. Kedua instansi tersebut sama-sama menyerahkan persoalan tersebut ke Dinas Pendidikan, selaku instansi yang menaungi Retno.

"Kalau persoalan itu coba tanya Kepala Dinas (Pendidikan) saja deh, soalnya kalau kepala sekolah kewenangannya berada di bawah kepala dinasnya langsung," ujar Kepala Inspektorat Lasro Marbun kepada Kompas.com, Selasa (21/4/2015).

Lasro juga tidak bersedia menanggapi saat ditanyakan mengenai jenis kategori pelanggaran yang dilakukan oleh Retno. "Tanya kepala dinas aja ya," ujar dia dengan nada memohon.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Agus Suradika juga menyampaikan hal serupa. Menurut dia, pihak yang berhak memproses pelanggaran yang dilakukan Retno adalah Dinas Pendidikan.

"Domainnya di Dinas Pendidikan," ujar mantan Wakil Kepala Dinas Pendidikan itu. [Baca: Ahok: Retno Listyarti Mesti Dipecat dari Kepala Sekolah]

Beberapa hari lalu, Kepala Dinas Pendidikan Arie Budhiman menyatakan instansinya telah menyiapkan sanksi untuk Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) itu.

Menurut dia, sebagai seorang kepala sekolah, Retno seharusnya tetap berada di sekolah saat berlangsungnya ujian nasional (UN).

"Enggak ada sebelum-sebelumnya. Cuma dia, baru kali ini deh terjadi," kata Arie menjelaskan bahwa baru kali ini terjadi ada seorang kepala sekolah yang meninggalkan sekolahnya saat tengah dilangsungkannya UN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com