Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manajemen Penanganan Bencana di Bandara Akan Dievaluasi

Kompas.com - 06/07/2015, 15:41 WIB
Aldo Fenalosa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan ingin setiap maskapai yang memiliki lounge di Bandara Soekarno Hatta mengantongi standar manajemen penanganan bencana.

Belajar dari kebakaran yang terjadi di bandara nomor satu di Indonesia itu pada Minggu (5/7/2015), Jonan juga ingin ada evaluasi rutin untuk menetapkan manajemen mutu berbentuk ISO pada setiap lounge maskapai.

"Kita minta untuk memperbaiki sistem atau SOP (prosedur standar operasi) saat adanya krisis bagaimana menangananinya. Dalam setiap bulan juga harus ada evaluasi dan SOP-nya. Harus dibuatkan ISO sehingga ada standarnya," kata Jonan saat menghadiri peresmian Stasiun Palmerah, Senin (6/7/2015) siang.

Jonan melanjutkan, mulai hari ini kelayakan setiap lounge komersial akan diperiksa. Hal itu perlu dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan kebakaran kembali terjadi di sana.

"Di bandara itu lounge komersial hari ini akan dimulai pemeriksaan kelaikan, pemeriksaan pada keseluruhan lounge yang menyewa di bandara, pemeriksaan instalasi dan kesediaan listrik sebagainya. Kita nanti juga akan melihat hasil pemeriksaan Puslabfor Polri terkait penyebab kebakaran kemarin, mungkin tiga hari lagi hasilnya keluar," sebut Jonan.

Seperti diberitakan sebelumnya, salah satu lounge di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta terbakar, Minggu kemarin. Kejadian ini menyebabkan puluhan penerbangan Garuda Indonesia dibatalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com