Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Jakarta, Ayo Segera Daftar di Sistem Pajak "Online"

Kompas.com - 11/07/2015, 09:19 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tiga pekan terakhir resmi menerapkan sistem pajak online. Warga Jakarta yang telah menjadi wajib pajak pun diimbau segera mendaftarkan diri ke sistem pajak online.

Kepala Bidang Teknologi Informasi Pajak Daerah (TIPD) Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, Dewi Mustika Tafal mengatakan, pendaftaran diri ke sistem pajak online cukup mudah. Para wajib pajak cukup membuka situs pajak online yang bisa diakses di pajakonline.jakarta.go.id dan mendaftar. 

"Saat ini masih manual mengisi identitas pribadi. Nantinya kami akan integrasikan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Jadi masyarakat cukup memasukan Nomor Induk Kependudukan saja sudah bisa mengakses pajak online," kata Dewi di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Untuk sementara, sistem pembayaran pajak online baru diterapkan terhadap empat jenis pajak yakni Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Reklame dan Pajak Restoran.

"Kita targetkan pada akhir tahun ini sistem pajak online sudah bisa dijalankan di 13 jenis pajak lainnya," ujar Dewi.

Sistem pajak online yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan 11 bank dan PT Pos Indonesia. Kesebelas bank itu adalah Bank DKI, BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank Danamon, CIMB Niaga, MNC Bank, BJB, BII, dan BRI Syariah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com