Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Institusi Militer dan Kepolisian Penerima Dana Hibah dari Pemprov DKI

Kompas.com - 24/07/2015, 18:45 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Data Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta menyebutkan pada tahun ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menggelontorkan dana hibah kepada tujuh institusi militer, ditambah dengan satu institusi kepolisian.

Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) menjadi institusi militer terakhir yang menerima dana hibah dari Pemprov DKI. Dana yang mereka terima sebesar Rp 30 miliar diberikan pada Jumat (24/7/2015). [Baca: Ahok Hibahkan Uang Rp 30 Miliar kepada Kostrad]

Berikut daftar institusi militer dan kepolisian yang sudah mendapat dana hibah dari Pemprov DKI pada tahun ini:

Mabes TNI Rp 15,2 miliar.

Mabes TNI AD Rp 3,2 miliar.

Kodam Jaya Rp 38,6 miliar.

Kopassus Rp 750 Juta.

Koarmabar TNI AL Rp 5,9 miliar.

Koops TNI AU Rp 4,8 miliar.

Kostrad Rp 30 miliar, dan

Brimob Polda Metro Jaya Rp 3,1 miliar.

Kepala BPKAD Heru Budi Hartono mengatakan dana hibah ke institusi militer dan kepolisian dibutuhkan untuk memastikan fasilitas dan perlengkapan untuk mengamankan Ibu Kota, khususnya ketika terjadi huru-hara.

"Kalau ada kejadian luar biasa di Jakarta yang berkewajiban mengamankan daerah ya Gubernur. Makanya, kami mencoba mengantisipasi dengan memberikan fasilitas tambahan bagi beberapa institusi," kata dia di Balai Kota DKI Jakarta.

Heru mengatakan dana hibah tersebut diberikan oleh Pemprov DKI sesuai dengan proposal yang diajukan. "Dana hibah ini kan termasuk dalam pengeluaran di APBD DKI 2015 untuk bantuan sosial. Besarannya ya tergantung dengan anggaran dan kebutuhan mereka," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com