Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok: Siapa Pun Pemilik Bus yang Mau Gabung ke PT Transjakarta, Kami Terima

Kompas.com - 21/12/2015, 13:03 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menawarkan kepada semua pemilik bus untuk bergabung dengan PT Transjakarta. Nantinya, mereka akan dibayar dengan sistem rupiah per kilometer. 

"Siapa pun yang punya bus dan mau ikutan kami, saya terima. Mau nanti busnya dicap Transjakarta, dicap Kopaja atau Kopami, saya terima," kata Basuki di Balai Kota, Senin (21/12/2015). 

Namun, dia melanjutkan, PT Transjakarta tidak bisa mengajak serta mengakomodasi pemilik bus. Hal itulah yang membuat Basuki kecewa terhadap kinerja PT Transjakarta.

Padahal, tujuan pembentukan PT Transjakarta untuk bersaing dengan operator bus-bus sedang.

"Makanya saya agak marah sama PT Transjakarta, tahu enggak? Kenapa saya putuskan bikin PT Transjakarta, itu agar kami tidak lagi disandera oleh operator-operator," kata Basuki. 

Jika bergabung dengan PT Transjakarta, operator dibayar dengan sistem rupiah per kilometer. Sistem ini diyakini Basuki membuat sopir tidak ugal-ugalan serta mengejar setoran.

Selain itu, Basuki menjanjikan pemberian public service obligation (PSO) kepada PT Transjakarta.

"Kami siapin saja Rp 3 triliun-Rp 5 triliun setahun dan kami PSO saja, deh. Bikinlah PT Transjakarta, tetapi PT Transjakarta enggak beli-beli busnya. Selalu operator-operator yang beli bus. Makanya saya curiga, ini main apa?" kata Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com