Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di GPIB Immanuel, Sambil Ibadah Bisa Belajar Bahasa Belanda

Kompas.com - 26/12/2015, 03:33 WIB
Dian Ardiahanni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lewat ibadah berbahasa Belanda, para jemaat di GPIB Immanuel diajak untuk mengasah kemampuannya mengenai kata-kata asing dari negeri kincir tersebut.

"Saya memang sudah bisa Bahasa Belanda tapi tidak lancar. Ke sini jadi bisa belajar lagi," ujar Wilanda, seorang jemaat, usai mengikuti ibadah di GPIB Immanuel, Jumat (25/12/2015).

Ia mengaku bahwa tidak seluruh khotbah dari pendeta dipahaminya. Namun, ia tetap bisa mengikuti ibadah dengan khidmat. Wilanda mengatakan, ia mempelajari Bahasa Belanda dari kerabatnya.

"Saya dari Ambon, rata-rata keluarga memang masih banyak yang berbahasa Belanda," kata dia.

Selain Wilanda, salah satu jemaat lainnya, Magdalien (21) juga mengaku antusias saat mengikuti misa berbahasa Belanda tersebut.

"Selain belajar, di Jakarta kan jarang yang menyediakan ibadah dengan Bahasa Belanda. Ngasih pengalaman berbeda," ucap Magdalien.

Ia menambahkan, ibadah berbahasa ini harus terus diselenggarakan. Sebab kegiatan ini bisa menjadi tempat belajar Bahasa Belanda gratis.

Bahasa Belanda memang rutin digunakan oleh GPIB Immanuel dalam jadwal ibadah tiap pekannya.

Menurut Pendeta Denny Matulapelwa, ibadah berbahasa Belanda ini merupakan bentuk pelestarian sejarah Indonesia. "Kami tidak ingin menghapus sejarah yang ada," ujar Denny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com