Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djarot: Di DPRD Enggak Ada Fraksi Relawan!

Kompas.com - 07/03/2016, 20:15 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebut pemerintah daerah akan bisa berjalan baik jika lembaga eksekutif dan legislatifnya dapat bekerja sama.

Adapun kerja sama, kata dia, akan bisa berjalan jika eksekutif dapat menjalin komunikasi yang baik dengan partai-partai yang ada di legislatif.

"Di DPRD enggak ada kan fraksi relawan, fraksi independen," kata Djarot di Balai Kota, Senin (7/3/2016).

Pernyataan itu disampaikan Djarot menanggapi relawan pendukung Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, Teman Ahok yang memintanya mundur dari PDI Perjuangan dan maju mendampingi Ahok lewat jalur independen.

Menurut Djarot, seorang calon kepala daerah tidak bisa hanya memikirkan menang atau kalah di pemilihan. Karena ia juga harus memikirkan keberlanjutan dari pemerintahannya jika ia menang.

"Harus dipikir masak-masak dong. Pemerintahan enggak bisa dilakukan satu orang saja. Pemda itu adalah eksekutif dan legislatif, masa lupa," ujar dia. (Baca: Djarot: Terserah, Mereka Kan Teman Ahok, Bukan Teman Djarot!)

Sebelumnya, Teman Ahok meminta agar Djarot keluar dari partai jika ingin kembali menjadi pendamping Ahok. Namun, menurut Ahok, Djarot tak mungkin keluar dari PDI-P.

Oleh karena itu, Ahok lantas mengusulkan nama Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Heru Budi Hartono untuk diajukan Teman Ahok sebagai pendampingnya di Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen.

Di sisi lain, PDI-P belakangan juga mulai menunjukan ketertarikannya untuk mengusung Ahok.

"PDI-P sebenarnya sudah membuka pintu lebar-lebar untuk mempersilakan (Ahok)," ujar Djarot. (Baca: Ahok: Sekarang Saya Putuskan Ikut "Teman Ahok")

Kompas TV Ahok Putuskan Ikut
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com