Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Jakarta Great Sale 2016, Kantong Plastik Dikenakan Biaya

Kompas.com - 16/03/2016, 07:19 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta kembali akan menggelar Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2016.

Acara tersebut untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-489 DKI Jakarta.

Festival tahunan ini akan diselenggarakan mulai 3 Juni hingga 17 Juli 2016. Ketua Pelaksana Festival Jakarta Great Sale 2016 sekaligus Ketua APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan ada hal yang berbeda dalam penyelenggaraan FJGS kedelapan ini.

"Pada FJGS 2016 ini, para retailer moderen sudah menjalankan program tas plastik berbayar. Pengelola pusat belanja juga mendukung program ini dengan membuat dan memberikan tas ramah lingkungan kepada pengunjung yang dapat digunakan berulang kali," kata Ellen, dalam jamuan makan malam bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota, Selasa (15/3/2016) malam.

Ada pula perbedaan lainnya. Yakni adanya kegiatan penyuluhan kesehatan oleh Dinas Kesehatan DKI serta donor darah massal di tiap pusat perbelanjaan selama penyelenggaraan FJGS 2016.

Kemudian FJGS juga kembali menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta. Sehingga para pelaku usaha kecil menengah mendapat ruang dalam pesta diskon tersebut.

"Kami harap semakin banyak masyarakat tertarik menciptakan banyak celah bisnis mandiri," kata Ellen. (Baca: Ahok Pilih Tegakkan Perda daripada Surat Edaran Kantong Plastik Berbayar)

Ada sebanyak 78 pusat belanja atau mal dan 15 pasar tradisional di bawah PD Pasar Jaya yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Adapun target penjualan retail pada FJGS 2016 sebesar Rp 15,74 triliun. Target itu naik sebesar 8 persen dibanding capaian penjualan retail tahun sebelumnya Rp 14,58 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com