Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tetap Usut Kasus Zaskia meski Ada Masyarakat yang Cabut Laporannya

Kompas.com - 24/03/2016, 12:20 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Polisi akan terus melakukan penyelidikan terkait dugaan penghinaan lambang negara yang dilakukan oleh Zaskia Gotik meskipun, rencananya, LSM KPK akan mencabut laporannya terhadap Zaskia yang dibuat beberapa waktu lalu.

"Kalau mau cabut ya enggak apa-apa, itu hak pelapor. Enggak jadi masalah, tapi itu tidak menghentikan penyelidikan yang dilakukan kami," ujar Kanit I Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kompol Nico Setiawan ketika dihubungi, Kamis (24/3/2016).

Nico menambahkan, kasus dugaan penghinaan lambang negara ini bukan merupakan delik aduan, melainkan ini merupakan temuan dari polisi yang melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

Jadi walaupun ada dari kalangan masyarakat yang melakukan pencabutan pelaporan, polisi akan tetap menindaklanjuti temuan ini.

"Polisi sendiri. Ini tindak pidana, bukan delik aduan. Jadi walaupun tidak ada pengaduan dari masyarakat pun, temuan polisi sudah mengarah ke tindak pelecehan negara, bisa ditindaklanjuti," ucapnya.

Nico menjelaskan akan memanggil Zaskia pada pekan depan untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi terlapor. Jika nanti saat dilakukan pemeriksaan polisi mendapati adanya unsur pidana dari keterangan Zaskia, polisi baru akan melakukan gelar perkara.

"Rencana minggu depan, hari Rabu. Statusnya masih saksi. Nanti setelah dimintai keterangannya, nanti akan kami gelar perkara. Nanti di situlah yang akan menentukan statusnya. Kalau ini terpenuhi, berikutnya kami akan panggil dengan status tersangka," jelasnya.

Zaskia diduga melakukan pelanggaran Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta juncto Pasal 158 KUHP. (Baca: "Zaskia", Media, dan Ideologi)

Dalam salah satu segmen acara musik yang bertajuk "Cerdas Cermat", Zaskia menjawab pertanyaan dari pembawa acara Denny Cagur dengan asal-asalan.

Salah satunya ialah terkait pertanyaan tanggal berapa Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Zaskia menjawab, "Setelah azan subuh, tanggal 32 Agustus."

Tak cukup sampai situ saja, Zaskia kembali menuliskan jawaban yang ceplas-ceplos saat Denny bertanya tentang lambang sila kelima dari Pancasila. Sang penyanyi dangdut itu malah menjawab sekenanya, "Bebek nungging." (Baca: Zaskia Gotik Akui Tak Tahu Sila Kelima Pancasila)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com