Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Masih Lanjutkan Reklamasi Pulau G

Kompas.com - 20/04/2016, 14:43 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Deru mesin kapal terdengar dari kejauhan. Kapal besar itu berada di dekat Pulau G, Teluk Jakarta, Jakarta Utara.

Dari dalam kapal, keluar pasir cokelat bercampur air yang langsung menuju laut. Pasir-pasir itu merupakan pembentuk Pulau G, yang dikelola oleh PT Muara Wisesa Samudera, anak perusahaan PT Agung Podomoro Land (APLN).

Di depan kapal, tepatnya di sisi utara Pulau G, aktivitas dari kapal lainnya juga masih terlihat. Berbekal alat seperti pengeruk, kapal itu terlihat mengambil gumpalan lumpur dari dasar laut. Lumpur itu kemudian dikeruk dan ditaruh di atas bak dalam kapal.

Aktivitas tersebut berlangsung terus menerus. Sementara di atas pulau kendaraan alat berat masih beraktivitas. Alat berat itu tampak meratakan pasir yang sebagian besar masih basah dan belum terbentuk sempurna.

Di bagian luar pulau buatan itu, patroli dari keamanan pulau juga terus berkeliling. Setidaknya ada dua kapal cepat yang bertugas untuk menghalau kapal nelayan mendekat ke pulau.

Gambaran tersebut memperlihatkan bahwa reklamasi Pulau G masih berlangsung hingga Rabu (20/3/2016) ini. (Baca: Pemerintah Sepakat Hentikan Sementara Reklamasi di Teluk Jakarta)

Padahal, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah mengumumkan pemberhentian sementara reklamasi.

Kalur (31), nelayan Teluk Jakarta mengungkapkan, aktivitas reklamasi berlangsung 24 jam. Aktivitas tanpa henti itu dianggap tak mematuhi aturan pemerintah.

"Padahal kan sudah ada perintah penghentian sementara dan penyegelan kemarin, tapi mereka tetap bandel. Kesal juga lihatnya," kata Kalur yang mengantar Kompas.com mendekat ke Pulau G, Jakarta Utara, Rabu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com