Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Pulogebang Ditargetkan Beroperasi Sebelum Lebaran

Kompas.com - 10/05/2016, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meyakini terminal Pulogebang di Jakarta Timur bisa beroperasi sebelum musim mudik Lebaran.

Separuh bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari terminal Pulogadung akan dipindahkan ke terminal Pulogebang, Jakarta Timur pada 1 Juni mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah, Selasa (10/5/2016), mengatakan, pihaknya tengah menginventarisasikan jumlah bus AKAP dan loket yang dibutuhkan untuk memindahkan separuh bus AKAP dari terminal Pulogadung ke Pulogebang.

Senin kemarin Dinas Perhubungan telah menyosialisasikan pemindahan tersebut di terminal Pulogebang dan Pulogadung, termasuk berkordinasi dengan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT).

"BPJT siap bangun empat gate sebagai akses masuk ke jalan tol. Informasinya akan rampung dalam satu bulan pembangunannya. Kami targetkan sebelum musim mudik Lebaran, operasional bus AKAP di Pulogebang bisa dilakukann" ujar Andri.

Terminal yang diklaim sebagai yang terbesar se-Asia Tenggara itu belum beroperasi karena belum ada akses dari terminal menuju jalan tol.

Untuk kendala sistem, seperti sistem Informasi Teknologi (IT), pemantau kamera closed Circuit Televisi (CCTV) yang belum berkomunikasi dua arah untuk mengatur keluar masuk bus, belum maksimalnya pengisian genset ketika listrik mati bisa dilakukan secara bertahap dalam waktu sekitar 3-4 bulan.

(Dennis Destryawan/Tribunnews)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com