Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

142 Bangunan Liar di Kolong Tol Warakas Dibongkar

Kompas.com - 11/08/2016, 14:33 WIB
David Oliver Purba

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aparat Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, membongkar bangunan-bagunan liar yang berada di bawah kolong Tol Warakas, RW 08, Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Kamis (11/8/2016).

Kasie Pemerintahan, Kemanan dan ketertiban Kecamatan Tanjung Priok, Yoddi Santosa mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Satpol PP Jakarta Utara dalam pembongkaran itu. Ada sekitar 350 personel Satpol PP yang dikerahkan untuk membongkar 142 bangunan liar itu.

Pihaknya juga menurunkan empat unit alat berat serta 12 truk.

Yoddi mengatakan, kolong tol itu telah dimaanfaatkan warga setempat untuk membangun gubuk-gubuk liar serta dijadikan tempat parkir kendaraan bermotor. Ia mengatakan, sejumlah mobil yang saat itu belum dipindahkan pemiliknya telah diderek oleh pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Kami bersihkan sepanjang tol, sampai sekarang masih berjalan (penertiban). Kalau untuk mobil, kami sudah derek kalau belum diambil pemiliknya," kata Yoddi.

Yoddi mengatakan tidak ada perlawanan dari pemilik bangunan. Pihaknya telah berkoordinasi dengan RT-RW dan sejumlah warga untuk melakukan penertiban itu.

Setelah seluruh area itu dibersihkan, sebagian lahan rencananya akan dijadikan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA). Di lokasi itu rencananya juga akan dibangun lapangan futsal.

Dalam mengantisipasi warga tidak kembali membangun bangunan di daerah itu, pihaknya akan menyiagakan sejumlah petugas untuk memantau daerah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com