Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Penggusuran, Warga Rawajati Pertanyakan Peruntukan Kalibata City

Kompas.com - 25/08/2016, 14:29 WIB
Nibras Nada Nailufar

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah warga Rawajati, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2016), menyuarakan penolakan untuk direlokasi ke rusun Marunda, Jakarta Utara.

Dalam deklarasi penolakan itu, warga dan Ratna Sarumpaet, yang getol mengecam kebijakan relokasi warga oleh Pemprov DKI Jakarta, mempertanyakan peruntukan Apartemen Kalibata City yang letaknya bersebelah dengan permukiman mereka.

"Saya dan warga minta DPRD, dihentikan dulu deh dongeng-dongeng rusunawa, dongeng bahwa ini memanusiakan. Ini aja Kalcit (Kalibata City), rusunami, sekarang disewa-sewakan tanpa ada surat-surat," kata Ratna di Jalan Rawajati Barat.

Kalibata City yang disubsidi pemerintah disebut telah menjadi tempat komersial dan dihuni warga berpenghasilan tinggi. Warga mengeluhkan mengapa mereka harus dipindah ke Rusun Marunda yang jauh di Jakarta Utara.

"Kami nggak ditawarin di sini!" sahut warga.

"Artinya kalau pemerintah mau mengajak rakyat teratur, mereka teratur dong, mereka sendiri nggak teratur, ini apa maksudnya sekarang jadi komersial," kata Ratna.

Ratna menyebut rusunawa yang disediakan Pemprov DKI Jakarta untuk relokasi warga hanyalah iming-iming yang diheboh-hebohkan. Ia percaya warga kesulitan hidup di rusun.

"Kalau buat saya ini alat penipuan," kata Ratna.

Kompas TV Warga Rawajati Bertahan di Rumah
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com