Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepolosan Pasukan Oranye yang Berbuah Skorsing

Kompas.com - 28/11/2016, 08:41 WIB
Jessi Carina

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -
Sebanyak 63 pegawai harian lepas badan air Dinas Kebersihan DKI Jakarta atau "pasukan oranye" mungkin tidak pernah menyangka mendapat sanksi diskors gara-gara sebuah foto.

Menurut Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adjie, cerita berawal ketika seorang mantan PHL Dinas Kebersihan DKI Jakarta mendatangi pasukan oranye di Kemayoran dan Johar Baru yang akan melaksanakan apel sore.

Isnawa mengatakan, pasukan oranye ketika itu sedang mengenakan atribut lengkap yang baru diberikan.

"Mereka didatangi sama mantan orang Dinas Kebersihan juga, yang sudah kami pecat karena motongin gaji PHL. Dia timses (tim sukses) pasangan nomor satu (cagub-cawagub DKI, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni)," kata Isnawa, di Lapangan Monas, Kamis (24/11/2016).

(Baca: Meski Bukan PNS, Pasukan Oranye Dilarang Berkampanye)

Mereka lalu berfoto dengan memegang spanduk berisi dukungan untuk Agus-Sylviana. Isnawa mengatakan, pasukan oranye menaiki alat berat Dinas Kebersihan DKI dan mengacungkan jarinya saat berfoto.

Atas sikap yang dinilai tidak netral, 63 pasukan oranye diskors sampai masa kontrak berakhir. Jika mereka berkelakuan baik sampai masa kontrak selesai, mereka bisa kembali bekerja.

Sejujurnya, Isnawa merasa kasihan karena mengetahui anak buahnya tidak paham aturan ini. Namun, peraturan tetap ditegakkan untuk menjadi pelajaran dan contoh bagi yang lain.

"Kasihan pasukan saya dipolitisir, kebanyakan mereka polos dan lugu-lugu," kata Isnawa.

Komentar tim Agus-Sylvi

Juru bicara tim pemenangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Rico Rustombi, masih mencari tahu siapa anggota tim sukses yang disebut mengajak foto puluhan pasukan oranye.

Meski begitu, Rico memiliki pandangan lain soal pasukan oranye yang berfoto dengan spanduk bergambar Agus-Sylvi tersebut.

"Pasukan oranye memegang spanduk dan berfoto bersama, ini mungkin inisiatif mereka untuk merasakan pesta demokrasi. Tetapi, saya yakini itu bukan karena niat serius mendukung pasangan ini," ujar Rico.

(Baca: Agus Prihatin terhadap 63 Pasukan Oranye yang Diskors)

Rico justru membahas keberadaan pasukan oranye di Rumah Lembang, rumah pemenangan dan berkumpulnya relawan pendukung cagub-cawagub petahana, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com