Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Agus Disukai 31 Persen, Ahok 27,8, dan Anies 27,3 Responden

Kompas.com - 29/11/2016, 16:18 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menempati posisi terakhir hasil survei cagub paling dikenal dan disukai. Survei itu dilakukan Charta Politika pada 17-24 November 2016.

Hasil survei itu menujukkan bahwa hanya 19,5 persen responden yang mengenal Anies. Sementara ada 24,3 persen responden mengenal Agus Harimurti Yudhoyono, dan 48 persen mengenal Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Responden yang tidak menjawab sebanyak 8,2 persen.

Sementara itu, cagub paling disukai adalah Agus sebesar 31 persen, disusul Ahok 27,8 persen dan Anies 27,3 persen. Sedangkan yang tidak menjawab 13,9 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, mengatakan kondisi itu bisa berdampak karena kampanye Anies belum optimal. Apalagi, kata dia, berdasarkan survei, variabel alasan masyarakat memilih dan tidak memilih Anies masih sedikit.

"Artinya ini sebuah tamparan kampanye yang dilakukan Anies tapi juga bisa sebuah kesempatan apabila Anies bisa melakukan lebih baik," kata dia.

Kesempatan itu berupa mendapatkan limpahan elektabilitas. Hal itu bisa lebih terbuka daripada dua pasangan lain.

Pengumpulan data dalam survei itu dilakukan pada 17-24 November 2016. Survei itu dilakukan dengan metode wawancara tatap muka yang menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 733 responden dari 800 yang direncanakan. Responden tersebar di lima wilayah kota administrasi dan satu kepulauan.

Margin of error dalam survei ini kurang lebih 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini dilakukan dengan dana Charta Politika sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com