Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Janjikan Pemerintahan yang Transparan dan Bebas Korupsi

Kompas.com - 08/12/2016, 21:33 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan akan membangun program pemerintahan di DKI yang transparan, jika dirinya terpilih menjadi gubernur.

"Transparansi akan jadi kata kunci dari pengelolaan pemerintahan ke depan," kata Anies, usai acara temu warga di rumah mantan Panglima TNI Djoko Santoso, di Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (8/12/2016).

Anies mencontohkan, akan menghadirkan aplikasi yang dapat digunakan warga Jakarta untuk melihat semua yang dianggarkan Pemprov DKI.

"Jadi warga Jakarta tahu persis alokasi untuk apa, berapa, di mana, kapan, dan ini cara kita untuk bisa bangun good governance di Jakarta," ujar Anies.

Anies menilai, pola pemerintahan di DKI sebelumnya tidak membuat transparansi anggaran. Karenanya, warga tidak pernah tahu anggaran yang digunakan untuk apa.

"Tapi kalau dibuka transparan, maka pertanggungjawaban publik akan muncul," ujar Anies. (Baca: Anies Ingin Jadikan Jakarta Kota yang Bebas dari Korupsi)

Dengan transparansi, Anies menjanjikan pemerintahan yang bebas korupsi.

"Kita akan tegaskan bahwa pemerintahan ke depan bebas korupsinya bukan pungli-pungli yang kecil-kecil saja, tapi yang sistemik dan sistematik juga," ujarnya.

Kompas TV Anies Baswedan Janjikan Lapangan Pekerjaan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com