Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datangi Kelenteng Kong Miao, Agus Lepas Atribut Kampanye

Kompas.com - 12/12/2016, 20:46 WIB
David Oliver Purba

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI nomor pemilih satu, Agus Harimurti Yudhoyono, mendatangi Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) di Kelenteng Kong Miao Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin (12/12/2016).

Namun, saat tiba di lokasi, sejumlah atribut kampanye yang sebelumnya dipakai Agus dan tim kampanye pada baju "tacticool", tampak dilepas.

(Baca juga: "Blusukan" di Ciracas, Agus Janji Kaji Sistem Pelaporan Melalui Qlue)

Tak ada lagi emblem kampanye, seperti nama Agus-Sylviana. Hanya tersisa tempelan bordir merah putih dan tulisan "Indonesia" di lengan kanan baju Agus.

Adapun Kelenteng Kong Miao merupakan salah satu rumah ibadah bagi umat Konghucu.

Ketua Umum MATAKIN Pusat, Uung Sendana, dalam sambutannya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Susilo Bambang Yudhoyono, ayah Agus yang juga mantan Presiden RI.

Uung mengatakan, SBY berjasa besar bagi umat Konghucu selama menjabat presiden. Namun, kata Uung, pertemuan hari ini bukan bermaksud mengampanyekan Agus.

"Kita tahu banyak hal yang lakukan SBY, hak sipil, kewarganegaraan kita sebagia umat Konghucu. Kami akan terima dengan baik siapa saja yang datang," ujar Uung.

(Baca juga: Warga Sambut Kedatangan Agus di Ciracas)

Adapun Agus menyebut bahwa dirinya tak berbeda dengan SBY yang menghargai perbedaan dan keberagaman.

Agus juga menegaskan bahwa kunjungannya ini bukan merupakan bagian dari kampanye politik.

"Insya Allah DNA kami sama, saya orang yang menghargai dan menghormati Pancasila. Saya tidak ingin berbicara politik di sini, tetapi kami ingin mendengar pendapat untuk Indonesia yang lebih baik," ujar Agus.

Kompas TV Agus Yudhoyono Sampaikan Pidato Politik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com