Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Ungkap Dana Kampanye Putaran Kedua di Bawah Rp 20 Miliar

Kompas.com - 16/03/2017, 19:33 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan dana kampanyenya pada Pilkada DKI 2017 putaran kedua ini akan lebih sedikit ketimbang pada putaran pertama lalu.

Ia mengaku relawannya sudah mulai melakukan penggalangan dana kampanye. Namun, Sandiaga belum dapat merincikan berapa jumlah dana yang masuk hasil dari penggalanagan dana.

"Tapi akhirnya kita sepakat angkanya sedikit di bawah Rp 20 miliar untuk putaran kedua ini. Dalam satu dua hari ini akan kita finalkan dan sekalian akan kita cek jumlah dana yang sudah digalang," ujar Sandiaga di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Kamis (16/3/2017).

Sandiaga berharap dana kampanye putaran kedua ini tidak hanya mengandalkan kantong pribadinya saja. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menggalang dana kampanye.

"Saya sih saya harap berkurang dari saya dari segi presentase, tapi nanti kita lihat lah," ucap dia.

 

Baca: Galang Dana Kampanye, Sandi Datangi Yayasan yang Dipimpin Bachtiar Nasir

Mantan pengusaha ini mengaku sudah merogoh koceknya untuk mendanai kampanye putaran kedua ini. Namun, ia belum dapat membeberkan berapa jumlah yang telah dikeluarkan.

"Kalau dari saya sih sudah, berapanya nanti saya akan cek jumlahnya. Waktu kampanye dimulai saya berikan dana talangan," kata Sandiaga.

Hingga Februari 2017 total penerimaan dana kampanye Anies-Sandi sebesar Rp 65,3 miliar. Hampir seluruh dana tersebut berasal dari Sandiaga, yakni Rp 62,8 miliar. Adapun Anies menyumbang Rp 400 juta. 

 

Baca: KPU DKI Batasi Penggunaan Dana Kampanye Putaran Kedua Rp 34 Miliar

Sumbangan dari parpol pengusung, yakni Gerindra sebesar Rp 750 juta dan PKS Rp 350 juta. Sumbangan lainnya berasal dari berbadan hukum swasta sebesar Rp 900 juta. Dana tersebut telah digunakan sebesar Rp 64,4, miliar untuk kampanye Anies-Sandiaga periode Oktober 2016 hingga Februari 2017.

Kompas TV Cari Tahu Asal-usul Dana Kampanye Pilkada DKI
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com