Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Ahok-Djarot Unggul di TPS Agus Yudhoyono Mencoblos

Kompas.com - 19/04/2017, 16:40 WIB
Kristian Erdianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan dua, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat memperoleh suara terbanyak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 6 RT III/RW III, Jalan Cibeber I, Kelurahan Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

Di TPS yang menjadi tempat Agus Harimurti Yudhoyono mencoblos itu, Ahok-Djarot memperoleh 262 suara.

Sementara, pasangan cagub-cawagub nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, mendapat 122 suara.

Berdasarkan catatan hasil perhitungan perolehan suara, surat suara yang terpakai berjumlah 397 dari total 495 orang daftar pemilih tetap. Pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya alias "golput" berjumlah 98 orang.

Sedangkan surat suara yang dinyatakan sah berjumlah 384 surat suara dan tidak sah berjumlah 13 surat suara.

Meski unggul, namun perolehan suara pasangan Ahok-Djarot menurun jika dibandingkan pada perolehan putaran pertama, yakni mencapai 286 suara. Penghitungan suara di TPS 6 Kelurahan Rawa Barat dimulai sekitar pukul 14.00 WIB.

Penghitungan dimulai dengan dikeluarkannya semua kertas suara dari kotak suara. Kertas suara kemudian dibuka oleh Ketua KPPS Habsari Kuspurwahati Sutanto dan dicek secara bersama-sama keabsahannya.

Penghitungan suara dilakukan oleh semua petugas TPS dengan disaksikan saksi, baik dari Panwaslu maupun perwakilan dari dua pasangan calon. Proses penghitungan suara terpantau selesai sekitar pukul 16.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com