Salin Artikel

Viral, Video Anak Balita Tergeletak Lemas di Lantai Minimarket

Terkait video ini, Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta melakukan pencarian ke kawasan Jakarta Pusat, tepatnya di wilayah Sarinah.

"Kita sudah lihat di media sosial, siang tadi beberapa petugas pelayanan, pengawasan, dan pengendalian sosial (P3S) kami sudah bergerak menelusuri lokasi," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Sosial DKI Jakarta Miftahul Huda saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/2/2018).

Miftahul mengatakan, sampai saat ini pencarian masih berlangsung. Beberapa informasi yang didapat dari masyarkat sekitar lokasi juga sudah dikumpulkan petugas P3S.

"Sulitnya karena kita tidak tahu persis siapa yang bawa, apakah itu penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) atau siapa, karena lokasinya berpindah. Kita coba sisir wilayah Jakarta Pusat, tidak hanya Sarina saja," ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pihak Dinas Sosial DKI Jakarta akan terus mencari balita dalam video yang viral tersebut.

Jika ditemukan, balita itu kemungkinan akan dibawa ke panti. Selain itu, apabila ditemukan adanya eksploitasi anak yang dilakukan, pihak Dinsos DKI akan membawa persoalan tersebut ke ranah hukum.

"Tidak bisa dibicarakan sekarang, kita lihat dulu modusnya bagaimana. Bila memang ternyata eksploitasi maka ranahnya bisa ke polisi, tetapi kalau memang orang itu menghadapi masalah kesejahteraan kita akan coba bantu," ucapnya.

Video ini diunggah pemilik akun Instagram @nanaaelena. Berdasarkan keterangan video itu, anak ini berusaha untuk duduk tetapi tampak tak sanggup duduk. Beberapa kali sang anak dalam video itu terjatuh di lantai.

Ia bersama seorang pria yang tengah menghitung uang hasil mengamen dengan seruling. Menurut karyawan minimarket, kata @nanaaelena, anak itu merupakan anak sewaan.

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/02/15/02423891/viral-video-anak-balita-tergeletak-lemas-di-lantai-minimarket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke