Salin Artikel

Buat Video yang Sudutkan Bank BRI, Pegawai Bawaslu DKI Minta Maaf

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Rabu (14/3/2018) lalu. Setelah mengetahui dirinya ditipu, Andi kemudian membuat sebuah video.

Dalam video berdurasi 03.12 menit tersebut Andi meminta nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) waspada terhadap modus penipuan seperti yang ia alami.

"Awas, kalau punya rekening BRI hati-hati, ada modus baru yang hari ini korbannya saya. Uang saya dikuras habis dan hanya disisakan Rp 57.000," kata Andi dalam video itu, sebagaimana dikutip Kompas.com, Jumat (16/3/2018).

Andi mengatakan, seseorang menelepon dirinya dan mengaku dari Bank BRI lalu menyampaikan pertanyaan terkait identitasnya, dan dia diminta untuk menjawab ya atau tidak atas pertanyaan-pertanyaan itu.

Menurut dia, penelepon tahu data dirinya dan membuatnya yakin bahwa penelepon adalah pegawai Bank BRI. Setelah telepon ditutup, ia mengecek ke mesin ATM. Saat itulah dia tahu tabungannya terkuras.

Video itu kemudiam ia sebarkan ke media sosial dan menjadi viral.

Hari ini, Andi menyambangi Polda Metro Jaya guna mengklarifikasi perkataannya dalam video  tersebut.

"Saya berniat menyampaikan klarifikasi. Bahwa pada Rabu,14 Maret pukul 15.35 WIB itu peristiwanya. Saya Andi Maulana sebagai Tim Asistensi Bawaslu menyampaikan video itu secara pribadi saya minta maaf atas video tersebut yang mengganggu dan meresahkan masyarakat," katanya di Mapolda Metro Jaya, Jumat.

Ia mengaku tak bermaksud mencemarkan nama baik Bank BRI dengan rekaman video tersebut.

"Informasi yang saya sampaikan spontanitas setelah kejadian dan betul rekening berkurang. Transaksi ini sebenarnya ada telepon dari (nomor) 082178690507 yang saya tidak kenal dan mengaku Bank BRI sehingga saya beri kode OTP jadi dia bisa transaksi. Dari kejadian ini saya minta maaf ke masyarakat dan Bank BRI," katanya.

Argo mengatakan, menyudutkan nama suatu pihak dan mem-viralkannya di media sosial tanpa dikonfirmasi terlebih dahulu tak dapat dibenarkan.

"Jadi saya sampaikan kepada masyarakat ini edukasi sebagai pembelajaran bahwa kalau menemukan video ajakan itu dicek dulu kebenarannya, secara logika betul tidak," kata dia.

Andi telah melaporkan penipuan yang dialaminya itu ke Polda Metro Jaya.

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/16/22065011/buat-video-yang-sudutkan-bank-bri-pegawai-bawaslu-dki-minta-maaf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke