Salin Artikel

Meriahkan Asian Games, Kelurahan Tegal Alur Disulap Jadi Warna-warni

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna-warni bebatuan menyambut setiap orang yang memasuki halaman kantor lurah Tegal Alur, Cengkareng, Jakarta Barat.

Pantauan Kompas.com di lokasi Jumat (27/4/2018), lingkaran besar terbentuk tepat di muka pintu kelurahan, dengan hiasan enam simbol kejuaraan olahraga.

Tertulis pula kalimat sambutan berbunyi 'Selamat Datang' dan 'Asian Games 2018', di bagian depan lukisan di sana.

Ya, lukisan di halaman kelurahan itu dibuat untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018, yang berlangsung pada Agustus-September mendatang, di Jakarta dan Pamembang.

Lurah Tegal Alur, M Suratman Arifianto mengatakan, lukisan tersebut dibuat tanpa ada himbauan dari pemerintah kota untuk mendukung ajang olahraga itu.

"Enggak ada kesepakatan sih atau himbauan untuk memeriahkan Asian Games, ini kita menghiaskan kantor. Inovasi sendiri-sendiri, kan setiap kelurahan beda-beda," kata Suratman, kepada Kompas.com, Jumat.

Ia mengatakan, lukisan yang terbentang di halaman kelurahan tidak menggunakan seniman khusus dalam perancanangannya.

Tidak ada modal khusus yang disiapkan. Mereka hanya bermodal dana dan bantuan dari swadaya orang-orang sekitar, dengan semangat dukungan pada ajang olahraga tersebut.

Suratman hanya bermodal ide sendiri dan diskusi yang kemudian dikerjakan oleh 25 orang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Tegal Alur, pada Maret kemarin.

Mereka yang memiliki keterampilan seni, ikut andil dalam pelukisannya.

"Kalau desain saya cuma kasih contoh potongan-potongan gambar. Saya kasih tahu mereka mana yang ditaruh dekat kolam, mana yang ditaruh di halaman depan kantor," ujar Suratman.

Dalam inisiatif lukisan di halaman kantor tersebut, Suratman ingin agar masyarakat di wilayahnya ikut memeriahkan semangat menyambut Asian Games 2018.

"Kita juga mengingatkan pada masyarakat kalau kita menyambut tamu negara, dan menghimbau agar mereka meniru di gang-gang agar dihias di wilayahnya," ujar dia.

Selain Tegal Alur, terdapat dua kelurahan lainnya di Jakarta Barat yang ikut menghiasi tempatnya dengan lukisan mendukung Asian Games 2018. Keduanya yaitu Kelurahan Tanah Sereal di Tambora, dan Kelurahan Pegadungan di Kalideres.

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/04/27/20560611/meriahkan-asian-games-kelurahan-tegal-alur-disulap-jadi-warna-warni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke