Salin Artikel

[HOAKS] Undangan CFD Membiru Prabowo-Sandi yang Disebar di Medsos

Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi Ferry Mursyidan Baldan mengatakan, pihaknya tak pernah merencanakan acara itu.

"Enggak kok, hoaks itu, kan CFD enggak boleh dipakai untuk kegiatan politik itu kan ruang publik yang (ingin) rekreasi dan refreshing dari kesehariannya," ujar Ferry melalui pesan singkat, Jumat (26/10/2018).

Di media sosial dan pesan WhatsApp beredar undangan "CFD Membiru Prabowo-Sandi" di Bundaran HI pada Minggu (28/10/2018) pukul 06.00.

Acara itu mengajak masyarakat hadir dengan dresscode atasan biru dan bawahan bebas atau warna krem jika ada.

Undangan yang memuat foto pasangan calon presiden-calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, itu juga menyebut penggagas acara adalah "Kami kumpulan emak-emak pendukung Prabowo-Sandi".

Masyarakat diajak datang dengan membawa tongsis, semangat, dan senyuman.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri mengatakan, pihaknya belum mengetahui soal benar atau tidaknya acara itu.

Namun, ia memastikan acara itu melanggar aturan jika digelar pada hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD).

"Itu lokasi untuk bersuka ria, bukan untuk politik. Udah lama itu diperingatin, jadi area yang tidak boleh dilakukan kegiatan politik," kata Taufan.

Larangan kegiatan politik di area car free day diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang menyatakan area car free day harus bebas kegiatan politik.

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/26/19494201/hoaks-undangan-cfd-membiru-prabowo-sandi-yang-disebar-di-medsos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke