Salin Artikel

Imbauan Dinkes Depok: Jangan Berkunjung ke Negara yang Terkena Wabah Corona

DEPOK, KOMPAS.com - Belakangan ini masyarakat dibuat khawatir dengan isu penyebaran virus corona, khususnya bagi mereka yang sedang atau habis bepergian dari luar negeri China.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Nova Rita mengimbau kepada warga untuk menjaga kondisi kesehatan agar terhindar dari virus tersebut.

"Ya jaga kesehatan, tetapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Lalu kalau kita mau perjalanan keluar negeri harus dipastikan sedang dalam kondisi tubuh yang vit, serta jangan berkunjung ke negara yang terkena wabah corona," ujar Nova saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/1/2020).

Kondisi tubuh yang tidak sehat, kata Nova, sangat mudah terjangkit virus apa pun.

"Kalau daya tahan tubuh kita lemah kan jadi mudah terkena virus yang lain juga dan mudah sakit," ujar Nova.

Selain tindakan antisipasi, Nova juga mengimbau warga Depok agar segera melapor jika memiliki indikasi terjangkit virus corona sehabis bepergian dari luar negeri.

"Lapornya langsung ke Dinkes, pihak RS sudah tahu cara pelaporannya agar kami tahu datanya," ujar Nova.

Lebih lanjut Nova mengatakan, jika ada yang terkena virus corona, maka suspect segera dilarikan ke Rumah Sakit Sulianti Saroso yang berada di Jakarta Utara sebagai rumah sakit khusus yang dirujuk.

"Kalau terkait virus ini RS Sulianti Saroso, jadi kalau ini sudah ada rumah sakit khususnya," ujar Nova.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/01/24/18131991/imbauan-dinkes-depok-jangan-berkunjung-ke-negara-yang-terkena-wabah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke