Salin Artikel

Cegah Corona, Melasti dan Tawur Agung Jelang Nyepi di Jakarta Digelar Terbatas

JAKARTA, KOMPAS.com - Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) DKI Jakarta membatasi jumlah umat Hindu yang akan mengikuti upacara Melasti dan Tawur Agung menjelang hari raya Nyepi.

Tujuannya untuk mencegah penularan virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Perwakilan PHDI DKI Jakarta I Nengah Dharma mengatakan, upacara Melasti yang akan digelar di Pura Segara, Cilincing, Jakarta Utara, pada 22 Maret 2020, dibatasi hanya untuk umat Hindu di Jakarta Utara.

"Itu hanya sekitar 10 orang, tidak banyak orang, dan memang kami betul batasi," ujar I Nengah Dharma dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta yang disiarkan akun Facebook Pemprov DKI, Kamis (19/3/2020).

PHDI juga membatasi umat Hindu yang akah mengikuti prosesi Tawur Agung. Tawur Agung akan digelar di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur, pada 24 Maret 2020.

"Ini pun hanya terbatas sekitar 10-15 orang untuk melaksanakan Tawur Agung Kesanga yang kami selenggarakan sampai tengah hari," kata I Nengah Dharma.

Sementara untuk penyelenggaraan Nyepi pada 25 Maret 2020, lanjut I Nengah Dharma, umat Hindu di Jakarta akan berdiam diri di rumah masing-masing.

"Dengan adanya virus yang mewabah begitu luasnya, justru kami akan taat sekali dengan ajaran kami, Sipeng, Nyepi, melaksanakan Brata Penyepian, di rumah saja," ucapnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta sepakat untuk meniadakan kegiatan-kegiatan peribadatan di tempat-tempat ibadah selama dua pekan.

Tujuannya untuk mencegah penularan virus corona makin meluas.

Kesepakatan itu diputuskan dalam pertemuan bersama antara Pemprov DKI, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, FKUB, dan para pemuka agama di Jakarta pada hari ini.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/03/19/18123611/cegah-corona-melasti-dan-tawur-agung-jelang-nyepi-di-jakarta-digelar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke