Salin Artikel

Warga Berjemur di TPU Prumpung demi Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari menjadi aktivitas rutin warga Cipinang Besar Utara di tengah pandemi Covid-19 yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2.

Latifa, salah satu warga setempat mengatakan, dirinya rutin berjemur di TPU Prumpung saat pagi hari. Dia mengatakan, berjemur di bawah sinar matahari membuat badan lebih sehat.

"Berjemur demi kesehatan apalagi ini musim corona. Kami jaga kesehatan masing-masing. Baru keluar, sering sampai setiap hari jam 11 kami masuk (rumah). Ini Inisiatif sendiri," kata Latifa, Selasa.

Hal senada dikatakan Isa, warga lainnya yang juga berjemur di TPU Prumpung. Dia percaya, berjemur bisa mencegah diri tertular Covid-19.

"Berjemur badan untuk terhindar dari Covid-19, biar sehat.... Saya sudah empat hari selama empat jam (berjemur tiap pagi)," ujar Isa.

Berjemur di bawah sinar matahari memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Ketua Aliansi Telemedis Indonesia, Pumawan, mengatakan warga cukup berjemur selama 15 menit setiap hari untuk mendapat hasil terbaik.

"Berjemur itu kita usahakan bukan yang pagi, yang (di antara) jam 10.00 sampai jam 15.00, cukup 15 menit," kata Pumawan di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu lalu.

"Jadi itu bukan untuk mematikan virus, tapi untuk meningkatkan daya tahan, imunitas," lanjut dia.

Hingga Senin kemarin, jumlah kasus positif covid-19 di Indonesia 1.414 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 75 pasien sembuh dan 122 meninggal dunia.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/03/31/11583441/warga-berjemur-di-tpu-prumpung-demi-tingkatkan-daya-tahan-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke