Salin Artikel

Warga Kota Tangerang Menanti Bansos

Meski PSBB sudah berjalan hampir seminggu, Pemerintah Kota Tangerang menyatakan masih belum ada kejelasan terkait bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat bagi masyarakat terdampak di wilayah itu.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, belum adanya bansos bukan karena pihaknya tak menyiapkan dana untuk membantu masyarakat Kota Tangerang di tengah PSBB.

Ia mengaku terkendala aturan. Aturan menetapkan, masyakarat tidak boleh menerima lebih dari satu bantuan pemerintah pada saat bersamaan.

Akhirnya, Pemerintah Kota Tangerang menunggu keputusan pemerintah pusat. Menurut Arief, pemerintah pusat sudah siap menanggung dan memberikan bantuan untuk 75.000 kepala keluarga (KK) terdampak di Kota Tangerang.

150.000 KK terdampak

Pada 8 April 2020, Arief mengatakan, ada 64.000 KK kurang mampu di Kota Tangerang yang terdampak Covid-19.

"Jadi kami sudah melakukan pendataan, jumlahnya ada kurang lebih 64.000 KK," kata Arief.

Arief menambahkan, puluhan ribu KK tersebut terdata untuk diberikan bantuan pangan dari Pemkot Tangerang.

Pemerintah Kota Tangerang sendiri telah mengantongi data dan mulai mendistribusikan logistik ke beberapa kelurahan khususnya bagi KK yang terdampak.

"Mulai dari minggu kemarin, Sabtu (4/4/2020), sudah mulai terdistribusi 30 ton beras di beberapa kelurahan. Ini agak lama karena harus di-packing di Bulog," kata Arief.

Namun jumlah tersebut kembali direvisi setelah Gubernur Banten, Wahidin Halim, meminta agar Pemkot Tangerang juga ikut mendata warga yang tidak ber-KTP Tangerang yang ikut terdampak.

Selasa lalu setelah direvisi, Arief mengatakan ada 150.000 KK terdampak.  Dari jumlah itu, yang akan ditanggung Pemerintah Provinsi Banten sebanyak 75.000 KK dan pemerintah pusat 75.000 KK.

Dana Rp 138 miliar

Pada 9 April 2020, Pemerintah Kota Tangerang menambah anggaran penanganan Covid-19 dari Rp 98 miliar menjadi Rp 138 miliar.

Arief mengatakan, jumlah anggaran penanganan Covid-19 kemungkinan masih belum final karena akan terus dievaluasi selama masa pandemi.

"Ya ini (anggaran) terus kami evaluasi, terakhir itu sampai Rp 138 miliar," kata dia.

Menurut Arief, anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp 138 miliar tersebut di luar bantuan pemerintah pusat.

Dari dana 138 miliar itu, Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk warga yang terdampak Covid-19 selama masa PSBB. Besaran yang diterima warga sebesar Rp 600.000 per KK.

"BLT sebesar Rp 600.000 kepada warga terdampak dan kurang mampu," ujar Arief

Tidak hanya BLT yang direncanakan Pemkot Tangerang. Menurut Arief, pihaknya juga akan membuat posko pendaftaran Kartu Prakerja dan menyediakan tempat isolasi dan rumah singgah bagi pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

Bantuan dicarikan

Namun bantuan hingga kini belum bisa dicairkan. Menurut Arief, hal itu untuk menghindari ada warga yang mendapatkan bantuan dua kali, baik dari pemerintah pusat, daerah tingkat 1 dan 2.

Arief memilih untuk menunggu bantuan yang dijanjikan pemerintah pusat. 

Hingga hari kelima PSBB, bantuan sembako senilai Rp 600.000 tertunda penyalurannya karena alasan yang tidak diketahui.

"Harusnya (bantuan) pusat (didistribusikan) tanggal 20-21, tapi diundur lagi tanggal 25 (April). Saya juga enggak ngerti kenapa," kata dia.

Karena warga tidak boleh mendapat bantuan dari dua instasi yang berbeda pada saat bersamaan, Arief mengatakan, Pemkot Tangerang akan memberi bantuan bagi masyarakat yang belum dibantu pemerintah pusat maupun provinsi.

"Nanti kalau ada masyarakat yang terdampak yang belum ter-cover, di situ Pemerintah Kota hadir," ujar dia.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/04/23/07110181/warga-kota-tangerang-menanti-bansos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke