Salin Artikel

RS Mitra Keluarga: Tak Pernah Ada Kerja Sama untuk Jual Beli Surat Bebas Covid-19

TANGERANG SELATANG, KOMPAS.com - Manajemen Rumah Sakit Mitra Keluarga membantah adanya kerjasama dengan pihak lain dalam mengeluarkan surat keterangan bebas Covid-19 yang beredar di salah satu akun jual beli online.

Dalam rekaman gambar yang viral, terlihat surat tersebut mengatasnamakan RS Mitra Keluarga Gading Serpong, Kabupaten Tangerang dengan harga Rp 70.000.

"Sehubungan dengan beredarnya pemberitaan di sosial media, maupun situs berita mengenai surat keterangan sehat yang menggunakan kop surat mitra keluarga, dengan ini kami sampaikan bahwa kami Manajemen Mitra Keluarga, tidak pernah bekerjasama dengan pihak-pihak yang memperjual belikan surat keterangan bebas covid-19," tulis pihak Manajemen RS Mitra Keluarga saat dikonfirmasi, Kamis (14/5/2020).

Manajemen RS Mitra Keluarga meminta pihak yang menyalahgunakan atau mencatut nama mereka untuk segera mencabut dari akun jual beli online tersebut.

Jika tidak, RS Mitra Keluarga akan melaporkan pencatut nama dalam surat keterangan bebas covid-19 itu.

"Mitra Keluarga akan menempuh jalur hukum jika masih ada pihak yang mengatasnamakan atau menggunakan atribut Mitra Keluarga, termasuk penggunaan kop surat Mitra Keluarga tanpa seizin kami," katanya.

Sebelumnya beredar foto produk "surat sehat bebas covid" yang dijual di Tokopedia dengan harga Rp 70.000.

Produk yang juga tertulis alamat website suratdokterindonesiaaa.blogspot.com tersebut mengunggah surat sehat bebas Covid-19 dengan kop surat RS Mitra Keluarga Gading Serpong Kabupaten Tangerang.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel CHandra Wijaya membenarkan produk surat sehat bebas Covid-19 sempat ditawarkan di pasar digital Tokopedia.

Chandra mengatakan, setelah mendapat laporan dari pengguna, Tokopedia langsung menindak produk tersebut dan sudah menurunkan produk surat bebas Covid-19 itu.

"Saat ini, kami telah menindak produk dan toko yang dimaksud sesuai prosedur," kata dia.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/05/14/19233531/rs-mitra-keluarga-tak-pernah-ada-kerja-sama-untuk-jual-beli-surat-bebas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke