Salin Artikel

Pemprov DKI: Belum Ada Bioskop yang Ajukan Permohonan Pembukaan Kembali

Ia menduga, pengajuan pembukaan bioskop itu kemungkinan bakal diajukan ke Disparekraf pada pekan ini.

"Belum ada manajemen bioskop yang mengajukan permohonan pembukaan biskop hingga hari ini. Saya prediksi pengajuan permohonan paling cepat hari Rabu," ucap Bambang saat dihubungi, Minggu (30/8/2020) malam.

Menurut dia, manajemen bioskop masih menyusun draf permohonan untuk beroperasi kembali maupun berkonsultasi dengan koleganya.

"Mereka diperkirakan hari Senin baru berkoordinasi jajarannya dengan menyusun draf permohonan dan biasanya berkonsultasi lebih dahulu kepada koleganya maupun instansi yang berkepentingan," kata dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak menetapkan tanggal tertentu untuk pembukaan bioskop di DKI.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta Gumilar Ekalaya berujar, pihak manajemen bioskop harus mengajukan sendiri tanggal pembukaan bila sudah siap.

"Enggak tergantung pemohon itu sendiri. Nanti kita akan bahas dulu di tim internal DKI. Bahwa bioskop dan usaha-usaha pariwisata lainnya kita menunggu permohonan dari si pelaku usaha, dalam hal ini si manajemennya (bioskop)," ucap Gumilar saat dihubungi, Jumat (28/8/2020) lalu.

Ia menyebutkan, pihak manajemen harus mengajukan sendiri tanggal pembukaan setelah memastikan seluruh SOP dan protokol kesehatan siap diterapkan.

Pemprov DKI melalui Dinas Parekraf beserta Dinas Kesehatan, BPBD, dan beberapa dinas lainnya akan mengecek proposal dan SOP yang diajukan.

"Baru nanti dari situ diputuskan apakah diizinkan beroperasi atau tidak," kata dia.

Adapun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pembukaan kembali bioskop akan dilakukan dalam waktu dekat.

Bioskop bakal beroperasi setelah ditutup sejak bulan April 2020, saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

"Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop akan kembali dibuka. Dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detail dan adanya pengawasan yang ketat. Sehingga pelaku industri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa risiko yang besar," ucap Anies.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan bioskop di Jakarta telah menyiapkan sarana dan prasarana protokol pencegahan Covid-19.

Pengelola telah menyiapkan QR Code, wastafel cuci tangan, hand sanitizer, dan pengecekan suhu tubuh.

"Traffic pengunjung juga harus diatur, petugas bioskop juga diminta menggunakan masker, face shield, penjagaan jarak harus diatur dan mengenakan sarung tangan. Alhamdulillah hari ini saat kita lihat langsung ke lokasi telah dipersiapkan. Semoga ini terus konsisten dijalankan," ujar Riza saat berkunjung mengecek persiapan protokol kesehatan di Bioskop XXI Cinema di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Sabtu (29/8/2020) siang.

Setelah melihat langsung simulasi dan konsep protokol kesehatan di Bioskop XXI, Riza memastikan pengelola bisa menangani pengunjung dengan disiplin.

Riza mengatakan, kecil kemungkinan penyebaran Covid-19 di bioskop. Pasalnya pengunjung tak duduk secara berhadapan.

"Kalau di bioskop, pengunjung akan menghadap ke satu arah karena belum tentu saling mengenal dengan semuanya, sementara kalau di restoran dan perkantoran pasti akan saling berhadap-hadapan karena saling mengenal. Sehingga potensi penyebaran di bioskop menjadi lebih kecil, karena potensi saling bicara juga tidak diizinkan," kata Riza.

Riza mengimbau agar pihak pengelola bioskop memperhatikan dan memastikan sirkulasi udara di dalam studio menonton.

Dia juga meminta pihak pengelola bioskop untuk selalu rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Baik bagi pekerja maupun pengunjung jika nantinya kembali beroperasi.

"Semoga (nanti) kita bisa membuka kegiatan ini dengan baik sebagai sarana hiburan yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Harapannya, simulasi penerapan protokol kesehatan di bioskop ini bisa berjalan dengan baik dan secepatnya bisa dibuka untuk warga," tutur Riza.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/08/31/08231601/pemprov-dki-belum-ada-bioskop-yang-ajukan-permohonan-pembukaan-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke