Salin Artikel

2 Dokter Bedah Positif Covid-19, Ruang Operasi RSU Tangsel Ditutup Sementara

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Ruang operasi di Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ditutup sementara usai dua dokter bedahnya dinyatakan positif Covid-19

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSU Kota Tangsel Enji Sepraliana mengatakan, dua dokter tersebut diketahui positif Covid-19 usai memeriksa diri di fasilitas pelayanan kesehatan lain di wilayah Tangsel.

"Memeriksakan diri di tempat lain, bukan di kita. Diketahui hasilnya positif itu pada Sabtu (29/8/2020) yang pertama. Kemudian yang kedua pada hari Selasa (1/8/2020) lalu," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (3/9/2020).

Menurut Enji, ruang unit OK atau ruang operasi yang menjadi tempat praktik dua dokter bedah tersebut sudah ditutup sementara untuk disterilisasi.

Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya penularan dan memastikan proses sterilisasi dapat berjalan efektif.

"Jadi demi menjaga keamanan agar tidak ada yang terjangkit apapun di kamar operasi kami lakukan sterilisasi mulai hari ini. Mudah-mudahan Sabtu sudah bisa digunakan lagi," ungkapnya.

Enji menambah, saat ini pihak RSU Tangsel langsung melakukan pelacakan kasus untuk mengetahui apakah ada tenaga kesehatan lain yang juga terpapar Covid-19.

"Pelacakan sudah kami lakukan. Dari Senin lalu sampai hari ini belum ada laporan dari tim kalau ada orang lain yang terpapar Covid-19," kata Enji.

Untuk diketahui, total kasus positif Covid-19 di Kota Tangsel hingga Rabu (2/9/2020) sudah mencapai 799 kasus.

Dari jumlah tersebut, 647 pasien dinyatakan sembuh. Angka kesembuhan bertambah sembilan orang dari data terakhir pada Selasa (1/9/2020).

Sedangkan angka kematian akibat Covid-19 tidak bertambah, tetap 47 orang.

Saat ini, terdapat 105 pasien positif Covid-19 di wilayah Tangsel yang masih dirawat atau isolasi mandiri. Kemudian jumlah kasus suspek yang masih aktif tercatat 16 orang.

Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat tetap menjadi satu-satunya wilayah di Tangsel yang sampai saat ini bebas dari kasus positif Covid-19.

Di sisi lain, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang menjadi wilayah dengan kasus positif tertinggi di Tangsel, yakni 50 kasus positif Covid-19.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/09/03/19340691/2-dokter-bedah-positif-covid-19-ruang-operasi-rsu-tangsel-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke