Salin Artikel

Polisi Sebut Pelaku Begal Pesepeda Kerap Beraksi Pukul 6 hingga 9 Pagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya tak memungkiri bahwa aksi kejahatan begal tehadap pesepeda belakangan ini marak terjadi di Jakarta.

Polisi kemudian melakukan analisis dan mengungkap bahwa pelaku kerap menjalani aksinya sejak pukul 06.00 WIB higga 09.00 WIB.

"Dari evaluasi analisa laporan banyak kejadian itu jam 06.00 sampai dengan jam 09.00 pagi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada warwan, Senin (2/11/2020).

Yusri mengatakan, umumnya para korban mengendarai sepeda seorang diri dengan melintas di rute yang sepi. Sehingga kondisi tersebut dapat memancing pelaku kejahatan.

"Nah ini jam 6 pagi ini abis subuh dia jalan sendiri di tempat yang sepi," katanya.

Dengan demikian, polisi mengimbau kepada masyarakat agar bersepeda secara berkelompok serta meletakkan barang berharga pada tempat aman.

"Barang berharaga itu disimpan dan betul betul tidak kelihatan tidak usah memancing pelaku tersebut untuk berbuat kejahatan," kata Yusri.

Aksi begal terhadap pesepeda yang terjadi di Jakarta tak pandang bulu. Masyarakat umum, artis hingga anggota TNI pun tak luput menjadi korban.

Terakhir, Kolonel Marinir Pangestu Widiatmoko menjadi korban upaya pembegalan saat sedang bersepeda di sekitar Monas tepatnya Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Senin (26/10/2020).

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.45 WIB. Saat itu korban menggunakan sepeda dari rumah kawasan Cilandak menuju kantornya yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Namun, tepat di jembat penyebrangan orang (JPO), korban dipepet oleh sejumlah orang yang menggunakan sepeda motor dan berusaha mengambil tas korban.

Korban berhasil memepertahankan. Hanya saja ia mengalami luka pada pelipis bagian kiri dan memar pada kepala belakang.

Saat itu, korban langsung dibawa ke Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo untuk mendapatkan perawatan.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/11/02/13045371/polisi-sebut-pelaku-begal-pesepeda-kerap-beraksi-pukul-6-hingga-9-pagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke