Salin Artikel

Dugaan Pungli Bansos di Muara Angke, Warga Dimintai Rp 20.000, Ketua RT Terancam Dipecat...

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus dugaan pungutan liar dari bantuan sosial atau bansos di RT 002 RW 022 Muara Angke Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, masih belanjut.

Kasus ini bermula ketika sejumlah warga mengeluhkan adanya pungutan biaya ketika mereka hendak mengambil bantuan sosial kepada ketua RT 002, Andi Aris.

Bansos itu berasal dari Kementerian Sosial dan Pemprov DKI yang disalurkan kepada warga terdampak pandemi Covid-19.

Polisi pun telah memeriksa Andi Aris pada Senin (23/11/2020). Satu hari berselang, Lurah Pluit Rosiwan ikut dimintai keterangan terkait kasus tersebut.

Tak lama kasus ini mulai mencuat, petugas gabungan ikut turun tangan memberikan bansos langsung kepada warga.

Kompas.com merangkum dugaan kasus pungli bansos yang dilakukan ketua RT 002 Muara Angke.

1. Ketua RT 002 dan Lurah diperiksa polisi

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta mengatakan, jajarannya memeriksa Ketua RT 002, Andi Aris terkait dugaan penyimpangan penyaluran bansos tersebut.

"Barusan kami sudah melakukan penyelidikan ke lokasi, sekarang sedang dilakukan pemeriksaan terhadap RT-nya dan saksi-saksi korban yang ada di sana," kata Ahrie di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (23/11/2020).

Selain Andi, polisi juga memeriksa sejumlah warga untuk dimintai keterangan.

"Masih kami periksa, ini dia melakukannya hanya untuk warga tertentu. Tadi beberapa (barang bukti) ada yang dibawa," ujar Ahrie.

Selain itu, Lurah Pluit Rosiwan juga mendatangi Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Selasa (24/11/2020).

Rosiwan ikut diperiksa terkait adanya dugaan pungli dalam penyaluran bansos.

"Jadi di media kan ada pungutan liar terkait dengan bansos, itu saya sudah berikan keterangan terkait pendistribusian, siapa saja yang berhak mendapatkan bansos, terus jenis bansos dan lainnya," sambungnya.

2. Ada warga yang sukarela dan terpaksa membayar

Rosiawan telah mendengar kabar bahwa ada warga yang mengeluh dimintai uang saat mengambil bantuan sosial.

Menurut Rosiwan, dari hasil penelusuran pihaknya, ada sebagian warga yang secara sukarela memberikan sumbangan, adapula yang merasa terpaksa.

"Kemarin adalah tahap ke-10 (pendistribusian) sehingga di RT 022 infonya bahwa setiap bantuan sosial itu dipungut Rp 15.000 sampai dengan Rp 20.000," tutur Rosiwan.

"Akan tetapi, hasil pemeriksaan, ada yang secara sukarela dan ada juga yang memang terpaksa, itu manusiawi lah," lanjutnya.

Adapun bantuan sosial yang diberikan ada dua jenis, yakni bansos dari Presiden melalui Kementerian Sosial dan juga dari Pemda DKI.

3. Ketua RT akan dipecat bila terbukti bersalah

Rosiwan, mengatakan bahwa pihaknya siap memberhentikan Andi Aris, bila terbukti bersalah.

"Dan ini mungkin oknum ya, yang menyalahgunakan kewenangan sebagai ketua RT," kata Rosiwan.

"Nanti dari Kelurahan akan memberikan sanksi tegas kepada ketua RT tersebut bilamana terbukti bersalah. Sanksinya pemberhentian dari ketua RT 02 RW 22," lanjutnya.

Rosiwan menegaskan bahwa pihaknya telah memberikan imbauan kepada ketua RW dan RT agar pembagian bansos terkait Covid-19 ini dilakukan dengan benar dan bebas pungli.

"Tapi saya sebagai Lurah Pluit, dari bulan April pertama ada bantuan sosial, sudah memberikan pembinaan secara tertulis agar bantuan sosial tersebut diberikan kepada yang berhak sesuai dengan alamat yang tertera terdampak Covid-19 dan tidak boleh memungut bayaran dengan alasan apapun, itu artinya gratis," ujar Rosiwan.

4. Petugas gabungan turun tangan bagikan bansos

Petugas gabungan yang terdiri dari polisi, Satpol PP, hingga petugas Kelurahan Pluit ikut turun tangan membagikan langsung bantuan sosial (bansos) kepada warga di RT 002 RW 022, Muara Angke, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (24/11/2020) sore.

Kapolsek Sunda Kelapa AKP Slamet Riyanto mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bantuan sosial sampai ke warga.

"Sore hari ini kami dari Kapolsek Sunda Kelapa membantu mendistribusikan paket bantuan dari Kemenkes kepada warga RT 002 RW 022 Muara Angke untuk memastikan bantuan ini sampai ke warga," kata Slamet Riyanto saat ditemui di lokasi.

"Ya intinya membantu distribusi dari RT karena kemarin ada kendala kami bersama kelurahan, Satpol PP, dan Polsek Kelapa mendistribusikan langsung kepada warga sesuai dengan nama yang terdaftar di Kemensos yang berhak menerima bantuan sosial," sambungnya.

Polsek Sunda Kelapa menurunkan 15 personel, sedangkan Satpol PP 5 menerjunkan personel dan beberapa petugas kelurahan.

Slamet Riyanto menyebut ada 109 paket bansos dari Kemensos dan 28 paket dari Pemda DKI yang dibagikan kepada warga setempat.

Semua paket bansos itu sebelumnya disimpan di kediaman ketua RT 002 Andi Aris.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/11/25/06030031/dugaan-pungli-bansos-di-muara-angke-warga-dimintai-rp-20000-ketua-rt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke