Salin Artikel

Anies Unggah Foto Pembangunan Kampung Akuarium Dimulai

Dalam akun Facebook pribadinya @aniesbaswedan, Anies menulis proyek pembangunan di kampung, yang sempat digusur pada masa kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, itu sedang dilakukan dengan pembuatan akses alat berat.

"Saat ini sedang berlangsung pembuatan jalan akses alat berat menuju kawasan Proyek Pembangunan Kampung Akuarium oleh Kontraktor," tulis Anies, Kamis (10/12/2020) malam.

Anies mengatakan, pembuatan jalur baru untuk menghindari kerusakan cagar budaya di Pasar Hexagon.

"Dibuatnya jalur ini adalah untuk menghindari kerusakan cagar budaya, yaitu pasar Hexagon yang ada di sekitar," tulis Anies.

Dia juga mengutip Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 H ayat 1 dalam unggahan proyek pembangunan kembali Kampung Akuarium tersebut.

"Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. (Pasal 28H Ayat 1 UUD 1945)," kata Anies.

Tahun 2016, Pemprov DKI Jakarta melakukan penggusuran di Kampung Akuarium.

Alasan penggusuran adalah akan dibangun sheetpile di tempat berdirinya bangunan warga di samping Museum Bahari dan Pasar Ikan untuk mencegah air laut masuk.

Saat dilakukan penggusuran dan pengerukan, ditemukan benteng peninggalan Belanda yang tenggelam dan Ahok saat itu berencana ingin merestorasi benteng tersebut.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/12/11/09531201/anies-unggah-foto-pembangunan-kampung-akuarium-dimulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke