Salin Artikel

Cegah Ujian Nuansa Politis, Disdik DKI Akan Monitor Pembuatan Soal secara Berjenjang

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana berencana melakukan monitor berjenjang terkait pembuatan soal ujian sekolah di DKI Jakarta.

Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi lagi kasus penyebutan nama yang dinilai publik merupakan nama-nama tokoh politik tertentu.

"Dinas Pendidikan mengadakan evaluasi dan kedepannya melakukan perbaikan kembali untuk monitoring pembuatan soal secara berjenjang," ujar Nahdiana di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Nahdiana menjelaskan, pembuatan soal akan dimonitoring mulai dari tingkat sekolah, tingkat suku dinas dan sampai ke bidang persekolahan Disdik DKI Jakarta.

Upaya tersebut juga bertujuan untuk mengontrol dan mencegah munculnya kembali soal-soal ujian yang dinilai bermuatan politis.

"Agar soal-soal ini lebih terkontrol kembali dari sisi potensi pro kontra di masyarakat," ucap Nahdiana.

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Saputra sebelumnya mengatakan penulisan soal ujian sekolah bernuansa politis bukan pertama kali terjadi di DKI Jakarta.

Kemunculan soal-soal bernuansa politis seringkali terjadi setiap pergantian kepemimpinan di DKI Jakarta. Termasuk pada masa kepemimpinan Joko Widodo sebagai Gubernur DKI dan juga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Ini bukan kali pertama terjadi di dunia pendidikan. Kalau enggak salah ini terjadi di zaman Pak Jokowi dan Pak Ahok," ucap Iman.

Adapun soal ujian bermuatan politis viral di sosial media dari soal ujian sekolah SMPN 250 Cipete 12 Desember lalu.

Soal yang ditulis oleh guru kontrak bernama Sukirno sebagai pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam itu dinilai publik memuat nama Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Anies selalu diejek Mega karena memakai sepatu yang sangat kusam. Walaupun demikian Anies tidak pernah marah. Perilaku Anies merupakan contoh..." tulis soal ujian tersebut.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/12/16/18425111/cegah-ujian-nuansa-politis-disdik-dki-akan-monitor-pembuatan-soal-secara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke