Salin Artikel

UI Selidiki Informasi Ketua BEM Fakultas Hukum Ditangkap Polisi Saat Demo di Kemendikbud

DEPOK, KOMPAS.com - Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Surya Yudiputra diduga menjadi salah satu mahasiswa yang ditangkap saat aksi demonstrasi pada Senin (3/5/2021).

Aksi demonstrasi tersebut digelar di depan Gedung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam rangka Hari Pendidikan Nasional.

Menanggapi hal itu, Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia mengaku sudah mendapatkan informasi berkait tertangkapnya Surya bersama sejumlah orang dalam demonstrasi tersebut.

"Kemarin sudah dapat infonya. Makanya tadi begitu saya mau konfirmasi lagi dengan pihak-pihak terkait. Termasuk Dirmawa, setelah ini mungkin saya tanyakan ke beliau jadi saya belum bisa jawab," kata Amelita seperti dilansir Tribun Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Saat ini, kata Amelita, pihaknya sedang mencari informasi lebih lanjut terkait kondisi dan keberadaan Surya untuk memastikan kebenaran penangkapan tersebut.

Dia pun belum dapat menjelaskan lebih rinci tindak lanjut yang akan dilakukan pihak kampus terkait tertangkapnya salah satu mahasiswa dalam unjuk rasa di depan gedung Kemendikbudristek.

"Kita follow up apa benar, gimana sekarang keadaannya, kondisinya dimana, ditempatkan di mana atau sudah pulang itu info yang saya ingin peroleh," kata Amelita.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Jakarta, Surya Yudiputra termasuk dalam sembilan orang yang diamankan terkait demo Hari Pendidikan Nasional.

Bahkan, beredar kabar bahwa sembilan orang tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian.

UPDATE: 

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Surya Yudiputra yang ditangkap dan ditahan polisi telah dipulangkan, Selasa (4/5/2021) kemarin.


Hal tersebut diungkapkan Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia, ketika menanggapi informasi terkait penangkapan Surya saat aksi demonstrasi Hari Pendidikan Nasional.

"Iya (Surya Yudiputra) dipulangkan pukul 09.00 WIB hari ini," kata Amelita dikutip Tribun Jakarta, Selasa.

Amelita menjelaskan, Surya ditangkap polisi pada Senin malam sekitar pukul 19.00 WIB setelah menjalankan aksi demonstrasi. Saat itu, Surya bersama sejumlah peserta lain mendadak diamankan aparat ketika sedang berjalan menuju bus untuk pulang.

"Setelah selesai demo bersama mahasiswa dari kampus lain yang hadir di lokasi yang sama, yakni pada tanggal 3 Mei 2021," kata Amelita.

Menurut Amelita, pihak kampus menghormati proses hukum yang dilakukan kepolisian terkait penangkapan Surya pada Senin lalu.


Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Ketua BEM FH UI Dikabarkan Ditahan Terkait Demo Hardiknas, Pihak Kampus Angkat Bicara.

Penulis: Dwi Putra Kesuma

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/05/04/20105911/ui-selidiki-informasi-ketua-bem-fakultas-hukum-ditangkap-polisi-saat-demo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke