Salin Artikel

GITA Terima Lebih dari 1.500 Pemohon Tabung Oksigen, Stok Hanya 101

Permintaan oksigen melonjak seiring memburuknya pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Untuk total pendaftar hingga hari ini itu ada 1524. Banyak banget dan itu menunjukkan bahwa ketersediaan tabung oksigen di pasaran sedikit. Sementara yang membutuhkan sangat banyak," kata Ketua Pelaksana GITA Arief Bobhil kepada Kompas.com, Senin (5/7/2021).

Hal itu berbanding terbalik dengan stok yang dimiliki GITA, yakni 101 tabung oksigen.

"Hari ini kami cuma mengantarkan 12 tabung oksigen, sedangkan pemohonnya 194," ucap Arief.

Dari 12 tabung itu, enam di antaranya tabung oksigen yang sudah dikembalikan peminjam. Sementara sisanya tabung oksigen dari donatur.

"Hari ini ada yang menyumbangkan 6 tabung (oksigen)," kata Arief.

Arief mengatakan, bagi warga yang ingin mengajukan peminjaman tabung oksigen gratis bisa mengisi google form yang tautannya tertera di akun Twitter dan Instagram: @sejutates.

Tabung yang dipinjamkan berisi oksigen berukuran 1 meter kubik. Warga yang membutuhkan diberikan batas waktu penggunaan tabung 5 hingga 7 hari.

"Target awal kami (pelaksanaan) hanya sampai 20 Juli 2021, tanggal akhir PPKM darurat. Dari situ nanti dilihat apakah situasi masih tetap begini apa masih ada perubahan," tutur Arief.

Adapun posko GITA berada di Jalan Utan Kayu, Nomor 68 H, Matraman, Jakarta Timur.

"Semuanya gratis. Termasuk pengantaran bagi yang tidak bisa mengambil ke posko," kata Arief.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) yang juga Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya meminta agar produksi tabung oksigen diprioritaskan bagi kepentingan medis.

Hal ini demi mencegah terjadinya kekurangan persediaan tabung oksigen untuk pasien Covid-19.

"Koordinator PPKM Darurat meminta agar 100 persen produksi oksigen diperuntukkan untuk kepentingan medis terlebih dahulu. Ini artinya seluruh alokasi industri harus dialihkan ke sektor medis," kata Juru Bicara Menko Marves, Jodi Mahardi, dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

Terkait rencana tersebut, kata Jodi, Luhut telah meminta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bekerja sama.

Bersamaan dengan itu, Jodi mengingatkan masyarakat agar tak menimbun tabung oksigen atau obat-obatan dan alat kesehatan lainnya.

Ia mewanti-wanti bahwa hukum akan bertindak bagi siapa pun yang kedapatan menimbun kebutuhan penanganan Covid-19.

"Hukum akan bertindak, pemda akan membentuk Satgas khusus untuk memastikan ketersediaan oksigen obat dan alat kesehatan. Polri akan menindak tegas para spekulan penimbun tabung oksigen," ujarnya.

Jodi pun mengimbau masyarakat untuk melapor ke Satgas atau pihak berwajib jika menemukan penimbun tabung oksigen dan obat-obatan lainnya atau menjual alat kesehatan di atas harga yang sudah ditetapkan.

"Mereka yang menari di atas duka kita adalah penjahat kemanusiaan," kata dia.

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/07/05/19360971/gita-terima-lebih-dari-1500-pemohon-tabung-oksigen-stok-hanya-101

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke