Salin Artikel

Pengelola Ragunan Belum Tahu Awal Mula Penularan Dua Harimau hingga Terinfeksi Covid-19

Pengelola TMR memastikan petugas yang merawat Tino dan Hari dalam keadaan sehat.

"Ini masih menjadi tracing kami, masih ditelusuri sumbernya itu," ungkap Humas Taman Margasatwa Ragunan Bambang Wahyudi kepada wartawan, Senin (2/8/2021).

Bambang menyebutkan, para petugas yang biasa mengurus Tino dan Hari tak menunjukkan gejala Covid-19 atau sakit sama sekali.

Meskipun dinyatakan sehat, para petugas yang biasa merawat Hari dan Tino alias keeper dan kurator menjalani tes swab pada hari ini.

"Hari ini juga sedang dilakukan swab terhadap petugas yang merawat langsung dan juga beberapa kurator yang sering berada di sini," ujar Bambang.

Bambang mengatakan, semua petugas yang merawat satwa-satwa di TMR selalu melakukan swab tes dan telah menjalani vaksinasi Covid-19.

Bambang melanjutkan, asal mula terpaparnya Hari dan Tino hingga saat ini belum terjawab.

"Jadi masih kami lakukan dari mana, apakah dari petugas ataukah dari unsur lain ini masih menjadi tracing kami, masih jadi penelusuran kami yang sampai sekarang belum terjawab," beber Bambang.

Sebelumnya, dua harimau bernama Tino (9 tahun) dan Hari (12 tahun) terinfeksi Covid-19.

Keduanya terinfeksi Covid-19 saat Ragunan ditutup untuk pengunjung akibat lonjakan kasus Covid-19 di Ibu Kota.

Ragunan ditutup sejak 22 Juni lalu, untuk mencegah kerumunan pengunjung.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati menjelaskan kronologi awal hingga kedua harimau tersebut terinfeksi Covid-19.

Menurut Suzi, Tino awalnya sakit dengan menunjukkan gejala klinis sesak napas, bersin, keluar lendir dari hidung, dan nafsu makan menurun.

Gejala tersebut dialami Tino pada 9 Juli 2021.

Selang dua hari, Hari juga mengalami sakit dengan gejala yang sama seperti Tino. Oleh karena itu, pada 14 Juli, petugas melakukan tes swab kepada Tino dan Hari.

"Kemudian (sampelnya) dikirim ke laboratorium Pusat Studi Satwa Primata, IPB Bogor. Lalu, hasilnya keluar tanggal 15 Juli yang menyatakan bahwa kedua satwa tersebut terpapar Covid-19,” kata Suzi dalam siaran pers Pemprov DKI, Minggu (1/8/2021) dilansir dari Tribun Jakarta.

Setelah dinyatakan positif Covid-19, kedua harimau itu langsung diobati dan diisolasi.

Pengobatan dilakukan dengan memberikan antibiotik, antihistamin, antiradang, dan multivitamin.

Setelah diobati selama 10-12 hari, kondisi kedua harimau itu sudah mulai membaik. Nafsu makan keduanya pun kembali normal dan aktif beraktivitas lagi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi kerja tim Taman Margasatwa Ragunan.

"Apresiasi kepada tim medis dari TMR yang pertama mendeteksi dini melihat gejala langsung bertindak, melihat gejala langsung melakukan langkah-langkah yang benar," kata Anies.

Anies juga meminta kepada petugas TMR untuk memastikan seluruh satwa bisa sehat dan tidak ada yang terpapar seperti yang dialami dua harimau sumatera.

"Jadi kita ingin semuanya bisa sehat," ucap Anies.

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/08/02/14582181/pengelola-ragunan-belum-tahu-awal-mula-penularan-dua-harimau-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke