Salin Artikel

Belum Diketahui, Peserta Vaksinasi di Tangsel yang Terdata dengan NIK Warga DKI

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Peserta vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Klinik DR RANNY, Serpong, Tangerang Selatan, yang terdata dengan nomor induk kependudukan (NIK) warga DKI Jakarta belum diketahui.

Kepala Klinik DR RANNY, Ranny Rulianty (51) mengatakan, NIK milik warga bernama Yuni Trianita (43) tercatat sebagai penerima vaksinasi Covid-19 di tempatnya karena kesalahan input data peserta.

Namun, pihaknya sampai saat ini belum mengetahui sosok peserta vaksinasi massal yang salah terinput data dirinya oleh petugas administrasi.

"Saat ini kami belum bisa cari, karena peserta itu 3.460 orang. Nanti baru akan terlihat ketika dia vaksin dosis kedua. Ohh Ini yang namanya salah, tertukar," ujar Ranny Kamis (12/8/2021).

Ranny berdalih, pihaknya masih harus menunggu penyuntikan dosis kedua, karena belum ada peserta yang melapor tidak mendapatkan sertifikat vaksin dosis pertama.

Sebab, NIK peserta tersebut praktis belum tercatat sebagai penerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama dalam aplikasi Peduli Lindungi.

"Nah itu enggak ada yang lapor. Si orang ini kan harusnya bisa lapor ya, karena kan kalau dia cek NIK-nya ga akan muncul sertifikat vaksinnya," kata Ranny.

Sebelumnya, NIK milik Yuni, warga DKI Jakarta yang tinggal di Cibitung, Kabupaten Bekasi, tercatat sudah menjalani vaksinasi di salah satu klinik di Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Padahal, Yuni dan keluarganya sama sekali belum menjalani penyuntikan vaksin Covid-19.

Peristiwa itu berawal ketika Yuni dan keluarga berencana menjalani vaksinasi di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Namun, suami Yuni mendapati keterangan di aplikasi Jakarta Kini (JAKI) bahwa istrinya sudah menerima vaksin dosis pertama di Serpong, Tangerang Selatan.

"Waktu itu suami saya yang mengecek di JAKI, pas dilihat ada nama saya. Dia malah nanya ke saya, saya jawab belum. Kami memang belum vaksin," ujar Yuni saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (4/8/2021).

Kaget mendengar kabar tersebut, Yuni berinisiatif memeriksa data dirinya di aplikasi Peduli Lindungi milik pemerintah pusat.

Dari situ, Yuni mendapati informasi bahwa dia tercatat sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Sertifikat dalam aplikasi JAKI dan Peduli Lindungi menunjukkan bahwa Yuni mendapatkan vaksin Sinovac.

Penyuntikannya dilakukan di wilayah Serpong, Tangerang Selatan pada 22 Juli 2021.

"Vaksin dosis pertama, pakai Sinovac, tanggal 22 Juli 2021 di klinik DR Ranny Tangerang Selatan. Padahal saya sama sekali belum pernah divaksin," tutur Yuni.

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/08/12/15373071/belum-diketahui-peserta-vaksinasi-di-tangsel-yang-terdata-dengan-nik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke