Salin Artikel

Perampok di Pamulang Ditangkap, Polisi: Pelaku Beraksi Sendiri

"Pengakuan sudah tiga kali melakukan. Kalau biasanya berkomplot, ini dia sendiri melakukannya," ujar Yusri dalam keterangannya, Senin (30/8/2021).

Yusri mengatakan, pelaku biasa beraksi dengan mengincar para korban yang sedang bermain ponsel sendiri, terlebih di tempat sepi.

"Biasanya gini, dia berjalan sendiri dengan motor kemudian melihat ada korban di tempat sepi, apalagi korban sedang main ponsel itu yang kemudian aksinya dilakukan," kata Yusri.

Sebelumnya, polisi menangkap JS ditangkap setelah merampok serta melukai korban, DZ, pemilik kafe di kawasan Benda Baru, Pamulang Tangerang Selatan.

Pelaku ditangkap di kawasan Maruga, Ciputat, Tangerang Selatan pada 24 Agustus 2021.

Penangkapan pelaku bermula setelah adanya laporan dari korban. Penyidik kemudian melakukan penyelidikan dengan memeriksa sejumlah saksi.

Modus yang dilakukan pelaku biasanya berpatroli. Setelah mendapatkan korban, dia kemudian menodongkan pisau yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Bahkan pelaku tak segan-segan menusuk korban apabila tidak memberikan barang yang diminta.

"Dia tidak segan segan melakukan penusukan terhadap korban. Yang terakhir ini dia tusuk dan dirampas ponsel korban," ujar Yusri.

Dari perbuatannya, pelaku dipersangkakan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

"Kami masih mendalami korban-korban lain. Bagi masyarkat yang pernah menjadi korban tersangka ini juga bisa melaporkan ke Polda Metro Jaya," kata Yusri.

Adapun peristiwa perampokan itu terjadi pada Rabu (18/8/2021) sekitar pukul 03.00 WIB. Saat kejadian, korban yang diketahui berinisial DZ dan dua penjaga lainnya sedang berada di dalam kafe yang hendak tutup.

Dimas, tetangga sekaligus pemilik warung di samping kafe itu mengatakan, pelaku yang mengendarai sepeda motor matik masuk ke dalam kafe dan langsung menyerang korban dengan sebilah pisau berukuran besar.

Korban berupaya melawan dan menangkis serangan pelaku yang diduga dalam kondisi mabuk hingga menderita luka pada bagian tangan karena terkena sabetan pisau.

"Orangnya (pelaku) mabuk, jadi menusuknya ke mana-mana. Pakai pisau gede gitu. Kan kena pisaunya, ada di situ ketinggalan," kata Dimas, Rabu (18/8/2021).

Setelah melukai korban, pelaku langsung langsung merampas tas dan ponsel di dalam kafe, lalu melarikan diri dengan sepeda motornya.

"Lukanya enggak terlalu parah korban. Sempat tangkis, jadi luka tangannya saja enggak di badan. Kalau dia rekannya lagi di belakang, enggak kenapa-kenapa," ucap Dimas.

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/08/30/17132551/perampok-di-pamulang-ditangkap-polisi-pelaku-beraksi-sendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke