Salin Artikel

Ketua KSPI DKI: Partai Buruh Dukung Demo Serikat Pekerja yang Tuntut Kenaikan UMP 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa serikat-serikat pekerja menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI 2022 pada Rabu (10/11/2021) disebut didukung oleh Partai Buruh.

Hal itu diakui oleh Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) DKI Jakarta, Winarso.

"Betul. Antara Partai Buruh dan KSPI sebetulnya adalah kita sama. Kebetulan saya juga Ketua Exco Provinsi DKI Jakarta dari Partai Buruh," ujar Winarso kepada Kompas.com di lokasi aksi, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Ia mengeklaim ada sedikitnya 500 demonstran yang turut berunjuk rasa menuntut kenaikan UMP DKI 2022 menjadi Rp 4,8 juta.

Dari jumlah itu, Winarso menyebut sekitar 80 persennya merupakan anggota dan simpatisan Partai Buruh.

"Kenapa Partai Buruh, karena kita punya cita-cita bagaimana agar buruh sejahtera nantinya, bagaimana agar buruh ikut menentukan kebijakan di negeri ini, dan tidak dimarjinalkan lagi," jelas Winarso.

Winarso mengaku bahwa tuntutan kenaikan upah itu sesuai dengan survei internal mereka soal kebutuhan hidup layak (KHL) 2022.

Hasil survei itu, kata dia, menunjukkan bahwa idealnya UMP DKI Jakarta 2022 dinaikkan hingga Rp 5,3 juta.

Namun, Winarso mengaku mempertimbangkan pula keadaan dunia usaha yang belum pulih benar akibat pandemi Covid-19, sehingga memberi batas bawah negosiasi kenaikan UMP di angka 7 persen.

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/11/10/15083511/ketua-kspi-dki-partai-buruh-dukung-demo-serikat-pekerja-yang-tuntut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke