Salin Artikel

46 Kelurahan di Jakarta Barat Belum Miliki Septic Tank Layak

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 46 kelurahan di Jakarta Barat dinilai belum memiliki septic tank yang layak.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Jakarta Barat Kristy Wathini mengatakan, masih ada 46 dari 56 kelurahan di Jakarta Barat yang belum memasuki tahap deklarasi.

Menurut Kristy, setiap kelurahan dengan sanitasi yang baik dalam program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) akan masuk tahap deklarasi.

Namun, sebelumnya setiap kelurahan harus lebih dulu melalui proses sosialisasi, pemicuan, verifikasi, dan deklarasi sebelum akhirnya mencapai tahap deklarasi.

Sementara itu, dari 46 kelurahan yang belum mendapatkan status bersanitasi baik, 27 kelurahan di antaranya sedang berupaya memperbaiki sistem sanitasi di wilayahnya.

"Ada kurang lebih 27 lagi yang sudah proses verifikasi, sudah tahap tiga dan tinggal deklarasi. Nah sisanya masih harus verifikasi dulu," jelas Kristy saat dikonfirmasi, Selasa (23/11/2021).

Kristy mencontohkan, di Kelurahan Cengkareng Timur terdapat 700 kepala keluarga, namun sekitar 500 rumah justru belum mempunyai jamban sehat.

"Sekarang kan sudah tahap verifikasi Cengkareng Timur, kemudian lurah dan warganya sampai ke kader-kader akan mengadvokasi warganya untuk mempunyai septic tank," jelas Kristy.

"Ketika warga tidak punya, mereka (jajaran lurah) menginventarisir septic tank komunal dan septik individu," kata dia.

Nantinya, kata Kristy, warga bisa mengajukan pengadaan septic tank melalui Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah Jaya (PD Pal Jaya).

"Nanti, mereka ajukan ke PD Pal, dia mempunyai 2.000 septic tank gratis untuk Jakarta barat," kata dia.

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/11/23/18502591/46-kelurahan-di-jakarta-barat-belum-miliki-septic-tank-layak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke