Salin Artikel

Kemenkumham DKI Jakarta Sidak di Lapas Kelas II Salemba

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II Salemba, Jakarta Pusat melakukan kegiatan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah ruang hunian tahanan, Kamis (10/3/2022).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta Ibnu Chaldun mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka penilaian standarisasi terhadap hak asasi manusia khususnya warga binaan di lapas Salemba Kelas II A.

"Peninjauan dilakukan oleh satuan operasional kepatuhan internal permasyarakatan (Satopspatnal) dari sejumlah lapas dan rutan yang ada di Jakarta dibawah Kemenkumham," ujar Ibnu dalam keterangannya, Kamis.

Sebanyak 120 petugas sipir dikerahkan. Pengecekan dalam kegiatan ini meliputi mengecek kondisi ruangan warga binaan, tempat mandi, dan makan warga binaan layak atau tidak.

"Kita cek satu persatu ruangan di dalam, tempat tidur, ruangan, air bersih, penerangan, dan makan warga binaan di sini sangat baik dan bersih," katanya.

Ibnu mengimbau semua petugas sipir agar bekerja dengan sebaik mungkin. Dia meminta jangan ada tindak kekerasan terhadap warga binaan.

"Saya minta jangan ada tindak kekerasan di semua lapas dan rutan yang ada di DKI Jakarta," tutur dia.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 800 telepon genggam diamankan petugas sipir di dalam kamar hunian hasil sitaan dalam kurun waktu 2020 hingga 2021.

"Kita amankan dari semuanya dari hasil sidak petugas dari semuanya dari hasil sidak petugas kami," kata Kalapas Salemba Kelas II A Yosafat Rizanto, Kamis.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/03/10/14043451/kemenkumham-dki-jakarta-sidak-di-lapas-kelas-ii-salemba

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.