Salin Artikel

Kapolda Metro Jaya ke Bandar Narkoba: Angkat Kaki dari Kampung Bahari atau Saya Sikat!

"Bandar-bandarnya sudah kami identifikasi, angkat kaki dari sini (Kampung Bahari) atau saya sikat bersama warga! Kami menyatakan perang (terhadap narkoba) bersama perangkat di sini," kata Fadil saat meninjau pelaksanaan vaksinasi booster Covid-19 di Kampung Bahari, Sabtu (12/3/2022).

Di Kampung Bahari, Fadil memiliki target agar wilayah itu bisa benar-benar bersih dari narkoba.

Oleh karena itu, pihaknya pun akan mulai melakukan evaluasi setiap bulan, mulai dari sisi peredaran gelap narkoba di lokasi itu hingga ketergantungan masyarakatnya terhadap penyalahgunaan narkoba.

"Kami akan data dari rumah ke rumah, siapa kepala keluarganya, siapa penghuninya, apa pekerjaannya. Kami juga akan lakukan tes urine, kalau positif nanti akan kami rehabilitasi," kata dia.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga akan melakukan penataan di kampung tersebut, mulai dari pengaturan akses keluar dan masuk hingga penjagaan dari aparat keamanan dengan membangun pos polisi.

Kemudian, Fadil juga menginginkan Kampung Bahari mengikuti jejak Kampung Bali dan Kampung Ambon yang telah bersih dari narkoba.

Pasalnya, selama ini, Kampung Bahari juga menjadi daerah yang dikenal sebagai sarang narkoba, terbukti dari beberapa kali polisi menggerebek tempat tersebut, terbaru pada Rabu (9/3/2022).

"Saya ingin supaya Kampung Bahari ini persis seperti waktu saya Kapolsek Tanah Abang, Kampung Bali, Baturaja, sekarang sudah bersih. Kemudian (saat) saya di Jakarta Barat, Kampung Ambon, pelan-pelan sekarang volumenya sudah mulai mengecil," kata Fadil.

Kampung Bali yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat, terkenal sebagai wilayah peredaran narkoba pada 1995-2005.

Kampung Ambon di Cengkareng, Jakarta Barat, juga terkenal sebagai wilayah sarang narkoba.

"Jangan sampai lahir lagi pengganti kampung-kampun tersebut (Kampung Bali dan Ambon) sebagai sentra perdagangan gelap narkoba," kata dia.

Diberitakan, pada Rabu lalu, Polda Metro Jaya menggerebek Kampung Bahari karena lokasi tersebut seringkali menjadi sarang narkoba.

Dalam penggerebekan itu, ada sekitar 700 personel kepolisian yang dikerahkan dan 26 orang ditangkap di sana.

Sebelumnya, pada Desember 2021, polisi juga melakukan penggerebekan serupa di Kampung Bahari.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/03/12/14523301/kapolda-metro-jaya-ke-bandar-narkoba-angkat-kaki-dari-kampung-bahari-atau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke